Mau masuk polisi ? ketahui dulu urutan pangkatnya

pangkat polisi

Tidak banyak orang mengetahui pangkat di kepolisian, padahal dari pangkat tersebut bisa dibedakan berdasarkan tanda kepangkatannya yang terdapat di baju dinas polisi.

Berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Negara Republik Indonesia, dibagi menjadi 3 golongan dengan 22 pangkat di dalamnya.

Golongan Polri

1. Perwira

Perwira merupakan golongan yang paling tinggi di kepolisian. Golongan ini masih dibagi lagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu Perwira Tinggi (Pati). Perwira Menengah (Pamen), dan Perwira Pertama (Pama). Untuk menjadi seorang perwira harus melewati 4 tahun di Akademi Kepolisian(Akpol) dan mendapatkan pangkat perwira pertama.

2. Bintara

Merupakan golongan tengah yang dimana memiliki tugas penyambung antara tamtama dan perwira. Bintara juga terbagi menjadi Bintara dan Bintara Tinggi. Untuk kamu yang akan masuk ke Bintara harus menempuh pendidikan

3. Tamtama

Merupakan golongan pertama yang ada di Polri. Sebagai tamtama tugasnya yaitu pelaksana teknis tugas-tugas Brimob atau Polri. Seleksi pendidikan di Tamtama selama 5 bulan di Sekolah Polisi Negara (SPN), seleksi ini bisa diikuti oleh lulusan sekolah menengah. Pangkat yang akan didapatkan di golongan pertama ini yaitu Bharada.

Pangkat yang ada di Polisi

Berikut daftar pangkat yang ada di struktur Polisi Republik Indonesia. Terdapat 22 Pangkat Polisi dimulai dari yang terendah sampai dengan tertinggi.

Bharada (Bhayangkara Dua)

Bharada merupakan pangkat polisi yang paling bawah. Bharada termasuk ke dalam golongan tamtama. Tanda kepangkatan Bharada yaitu 1 garis miring berwarna merah. 

Bharatu (Bhayangkara Satu)

Di tingkat selanjutnya ada Bharatu. Bharatu termasuk ke dalam golongan tamtama. Tanda kepangkatan Bharatu yaitu dua garis miring berwarna merah. 

Bharaka (Bhayangkara Kepala)

Bharaka termasuk golongan tamtama. Tanda kepangkatan Bharaka yaitu tiga garis miring berwarna merah. 

Abripda (Ajudan Brigadir Polisi Dua)

Abripda termasuk golongan tamtama. Tanda kepangkatan Abripda yaitu satu segitiga berwarna merah.

Abriptu (Ajudan Brigadir Polisi Satu) 

Abriptu termasuk golongan tamtama. Tandan kepangkatan Abrip yaitu dua segitiga berwarna merah. 

Abrip (Ajudan Brigadir Polisi) 

Abrip termasuk golongan tamtama. Tanda kepangkatan Abrip yaitu tiga segitiga berwarna merah.

Bribda (Brigadir Polisi Dua)

Bripda termasuk golongan bintara. Untuk mendapatkan pangkat ini harus lulus pendidikan bintara selama 7 bulan di SPN. Tanda kepangkatan Bribda yaitu satu segitiga berwarna perak.

Briptu (Brigadir Polisi Satu) 

Briptu termasuk golongan bintara. Tanda kepangkatan Briptu yaitu dua segitiga berwarna perak.

Brigpol (Brigadir Polisi)

Brigpol termasuk golongan bintara. Tanda kepangkatan Brigpol yaitu tiga segitiga berwarna perak. 

Bripka (Brigadir Polisi Kepala) 

Bripka termasuk golongan bintara. Tanda kepangkatan Bripka yaitu empat segitiga berwarna perak.

Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua)

Aipda termasuk golongan bintara Tinggi. Tanda kepangkatan Aipda yaitu satu segitiga bersambung berwarna perak.

Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu) 

Aiptu termasuk golongan bintara tinggi. Tanda kepangkatan Aiptu yaitu dua segitiga bersambung berwarna perak.

Ipda (Inspektur Polisi Dua)

Ipda memiliki golongan perwira pertama. Pangkat Ipda dapat dimiliki dengan cara mengikuti Akademik Kepolisian (Akpol) selama 4 tahun. Tanda kepangkatan Ipda yaitu satu balok berwarna emas. Ipda memiliki jabatan yang sama dengan Iptu. Jabatan di luar Polri sebagai ajudan pejabat negara.

Iptu (Inspektur Polisi Satu) 

Iptu termasuk golongan perwira pertama. Tanda kepangkatan AKP yaitu dua balok berwarna emas. Iptu memiliki jabatan sebagai Wakapolsek tipe rural, Kapolsek tipe pra rural, dan jabatan lain.

AKP (Ajun Komisaris Polisi) 

AKP termasuk golongan perwira pertama. Tanda kepangkatan AKP yaitu tiga balok berwarna emas. AKP memiliki jabatan sebagai Wakapolsek tipe urban, Kapolsek tipe rural, dan jabatan lain. 

Kompol (Komisaris Polisi) 

Kompol termasuk golongan perwira menengah. Tanda kepangkatan Kompol yaitu satu bunga sudut lima berwarna emas. Kompol memiliki jabatan sebagai Wakapolres, Wakapolsek metro, dan lainnya. Jabatan di luar Polri sebagai ajudan calon presiden dan jabatan lain.

AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi) 

AKBP termasuk golongan perwira menengah. Tanda kepangkatan AKBP yaitu dua bunga sudut lima berwarna emas. AKBP memiliki jabatan sebagai Wakapolres metro, Kapolsek metro, dan lainnya.

Kombes (Komisaris Besar Polisi)  

Kombes termasuk golongan perwira menengah. Tanda kepangkatan Kombes yaitu tiga bunga sudut lima berwarna emas. Kombes dapat memiliki jabatan sebagai Kapolres Metro, Kapolresta, dan lainnya. Jabatan di luar Polri sebagai ajudan Presiden RI.

Brigjen (Brigadir Jendral)

Birgjen termasuk golongan perwira tinggi. Tanda kepangkatan Brigjen yaitu satu bintang berwarna emas. Brigjen memiliki jabatan sebagai Karo Wabprof, Kapuslitbang, dan jabatan lain. Jabatan di luar Polri sebagai sekretaris pribadi presiden.

Irjen (Inspektur Jendral) 

Irjen termasuk golongan perwira tinggi. Tanda kepangkatan Irjen yaitu dua bintang berwarna emas. Irjen dapat memiliki jabatan sebagai staff ahli kapolri, Kaploda Tipe A, Gubernur Akpol, dan jabatan lain di dalam dan di luar Polri.

Komjen (Komisaris Jendral) 

Komjen termasuk golongan perwira tinggi. Tanda kepangkatan Komjen yaitu tiga bintang berwarna emas. Komjen memiliki jabatan sebagai Wakapolri, Irwasum, Kabaharkam, Kabaitelkam, Kabareskrum, dan Kalemdiklat. Jabatan di luar Polri sebagai wakil gubernur, Irjen kemenhan, kepala BNN, dan jabatan lain.

Jendral Polisi (Jendral) 

Jendral Polisi merupakan tingkat yang paling tertinggi di kepolisian. Jendral termasuk golongan perwira tinggi. Tanda kepangkatan yaitu empat bintang berwarna emas. Jendral memiliki jabatan sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Informasi dan data dari artikel : https://www.liputan6.com/

Demikian daftar pangkat yang ada di kepolisian, jadi untuk kamu yang bercita-cita menjadi polisi persiapkan diri kamu dari sekarang juga.

Bintang Bangsa merupakan bimbingan belajar yang menyediakan berbagai program persiapan untuk kamu yang siap jadi polisi indonesia, untuk informasi detailnya di https://bintangbangsa.com/program-taruna

Bagikan Artikel

Recent Artikel