Jenis-Jenis Sekolah Kedinasan yang Perlu Diketahui

Jenis-Jenis Sekolah Kedinasan yang Perlu Diketahui

Sekolah Kedinasan TNI POLRI – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi pilihan lanjutan studi yang paling umum dikenal serta menjadi pilihan utama untuk para siswa yang baru menyelesaikan atau lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Tapi, ada salah satu pilihan lagi selain kedua pilihan tersebut, yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Pilihan tersebut ialah sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan ialah perguruan tinggi yang terikat dengan lembaga pemerintahan yang memiliki peran sebagai penyelenggara pendidikan. Singkatnya, sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang dikelola dan juga berada dalam naungan institusi pemerintah, baik itu lembaga pemerintahan, badan pemerintahan, ataupun kementerian.

Seperti halnya perguruan tinggi negeri serta perguruan tinggi swasta, jurusan yang ada di sekolah kedinasan juga bermacam-macam. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan pilihan jurusan dengan bakat serta minat masing-masing, supaya pada akhirnya bisa mencapai hasil yang optimal selama masa pendidikan berlangsung.

Jenis-Jenis Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan yang ada Indonesia terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan program yang diadakannya, yaitu sekolah kedinasan dengan ikatan dinas dan juga sekolah kedinasan non ikatan dinas.

Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas

Sekolah kedinasan dengan ikatan dinas ialah sekolah kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan untuk seluruh peserta didiknya dengan ikatan dinas. Oleh sebab itu, para peserta didik tidak dipungut biaya apa pun selama mengikuti masa pendidikan. Tapi, sesudah mereka lulus, peserta didik akan langsung diangkat ataupun ditempatkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada berbagai lembaga pemerintahan terkait.

Contoh sekolah kedinasan dengan ikatan dinas, ialah:

  • Akademi Kepolisian (AKPOL)
  • Akademi Militer (AKMIL)
  • Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)
  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  • Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS)
  • Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

Sekolah kedinasan non ikatan dinas ialah sekolah kedinasan yang tidak menyelenggarakan program ikatan dinas. Sehingga para peserta didik tidak terikat sekolah kedinasan tersebut. Oleh sebab itu, para peserta didik harus membayar uang kuliah selama mereka menempuh masa pendidikan, serta ketika mereka lulus tidak akan langsung diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pegawai pemerintahan lainnya.

Baca Juga: Fakta Menarik tentang Berkarier Menjadi Tentara

Contoh sekolah kedinasan non ikatan dinas, diantaranya ialah:

  • Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional
  • Politeknik Kesehatan oleh Kementerian Kesehatan
  • Politeknik Pariwisata
  • Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir atau Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia
  • Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Berdasarkan jenis pendidikan yang akan ditempuh oleh peserta didik, sekolah kedinasan sendiri juga terbagi lagi menjadi 3 jenis sekolah. Berikut penjelasannya:

  • Sekolah Kedinasan Militer

Sesuai namanya, sekolah kedinasan militer merupakan perguruan tinggi yang dibuka khusus untuk calon anggota militer Indonesia baik itu TNI ataupun Polri. Di sekolah kedinasan tersebut, para peserta didik akan memperoleh pendidikan serta pelatihan, supaya bisa menjadi anggota Polri atau prajurit TNI.

  • Sekolah Kedinasan Semi Militer

Sekolah kedinasan semi militer ialah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan yang digabungkan pelatihan militer. Para peserta didik akan memperoleh pendidikan sesuai jurusan yang dipilih, namun untuk menunjang pendidikan tersebut, peserta didik juga perlu mengikuti pelatihan kemiliteran.

  • Sekolah Kedinasan Non Militer

Sesuai namanya, sekolah kedinasan non militer tidak menyelenggarakan pelatihan kemiliteran untuk para peserta didiknya. Pendidikan di sekolah kedinasan tersebut difokuskan kepada mengasah bidang akademik para peserta didik.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi masuk sekolah kedinasan TNI POLRI bersama Bintang Bangsa. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan TNI POLRI bersama Bintang Bangsa. Bimbel AKPOL dan AKMIL Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel