Pelajari Tes Kesamaptaan AKPOL Bersama Les Bimbel Masuk Akpol Polri Serang Terbaik

Pelajari Tes Kesamaptaan AKPOL Bersama Les Bimbel Masuk Akpol Polri Serang Terbaik

Les Bimbel Masuk Akpol Polri – Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kesamaptaan mempunyai arti kesiapsiagaan. Apabila digabungkan dengan jasmani, tes kesamaptaan jasmani bisa diartikan sebagai serangkaian kegiatan untuk melihat kesiapan fisik dari seseorang di Serang dan dimana pun. Tes kesamaptaan menjadi salah satu tahapan yang harus dilalui pada saat seleksi calon taruna AKPOL. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melihat ketahanan fisik dari para peserta sehingga bisa mengikuti pendidikan di AKPOL tanpa mengalami kesulitan.

Dalam seleksi calon taruna AKPOL, terdapat beberapa jenis aktivitas fisik yang dilakukan untuk menguji kesiapsiagaan tersebut. Lantas apa saja yang termasuk dalam tes kesamaptaan Berikut penjelasannya:

Lari 12 Menit

Tes pertama yang akan dilakukan ialah lari selama 12 menit. Peserta diharuskan untuk terus berlari dalam waktu 12 menit di area yang sudah disediakan. Tidak ada ketentuan tertentu untuk kecepatannya, yang pasti peserta harus tetap berlari walaupun lambat dan kecil. Jika calon taruna kedapatan berjalan, maka langsung dianggap selesai walaupun belum mencapai waktu 12 menit.

Penilaian yang akan diambil dari tes lari 12 menit tersebut ialah jarak yang berhasil ditempuh. Selama peserta berlari dengan kurun waktu yang sama, panitia akan menghitung sejauh mana mereka mampu berlari. Ada batas atas dari jarak lari yang jika peserta memenuhinya atau bahkan lebih, maka bisa memperoleh nilai penuh. Sementara itu, peserta yang jarak larinya kurang dari batas bawah akan memperoleh nilai 0 dan tidak bisa melanjutkan ke tes berikutnya.

Pull Up atau Chinning

Setelah itu, tes akan dilanjutkan dengan Pull Up untuk laki-laki dan Chinning untuk peserta perempuan. Tes yang satu ini berlangsung selama 1 menit. Dalam tes ini, poin yang dinilai ialah seberapa banyak gerakan yang dilakukan dalam waktu 1 menit tersebut. Batas minimal serta maksimalnya sendiri berbeda bagi laki-laki dan juga perempuan sebab gerakan yang dilakukan pun juga tidak sama.

Sit Up

Tahapan berikutnya dalam Tes Kesamaptaan Jasmani Calon Taruna AKPOL ialah sit up. Peserta harus melakukan gerakan tersebut sebanyak-banyaknya dalam waktu 1 menit. Jika tidak sampai batas bawah dari ketentuan maka akan memperoleh nilai rendah dan tidak dapat lanjut ke tes berikutnya. Sedangkan untuk gerakan sit upnya sendiri sedikit berbeda antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga: Sukses Masuk Pendidikan Polisi Bersama Bimbel Akpol Jakarta Barat Terpercaya

Push Up

Sebagai ujian lanjutan, peserta akan diminta untuk Push Up. Calon taruna akan melakukan gerakan tersebut semampunya dalam waktu 1 menit. Ada perbedaan antara gerakan Push Up untuk peserta laki-laki dan perempuan.

Shuttle Run

Para calon taruna juga diharuskan untuk melakukan gerakan lari lain yakni Shuttle Run. Tes yang satu ini berbeda dengan lari 12 menit sebab peserta diharuskan untuk lari membentuk angka delapan dengan dua tiang yang dijadikan sebagai titik putarnya.

Renang

Dalam tes ini, peserta akan diminta untuk berenang secepat-cepatnya dalam jarak tertentu. Rute tempuh minimal dalam tahapan ini ialah 25 meter dan jika tidak memenuhinya maka peserta akan dinyatakan gugur.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, les bimbel masuk Akpol Polri Serang. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Les bimbel masuk Akpol Polri Serang Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel