Mengenal Sejarah, Program Studi, dan Pangkat Taruna Akmil dari Bimbel Akmil Yogyakarta

Mengenal Sejarah, Program Studi, dan Pangkat Taruna Akmil dari Bimbel Akmil Yogyakarta

Bimbel Akmil – Masyarakat Yogyakarta khususnya dan Indonesia umumnya, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan Akademi Militer. Akmil ialah lembaga pendidikan yang bertujuan mendidik taruna calon Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Pendidikan yang dilakukan dui Akmil khusus untuk calon TNI Angkatan Darat atau TNI AD.

Taruna akan mendapatkan pendidikan sesuai dengan yang diperlukan untuk menjadi anggota TNI. Pendidikan yang akan mereka dapatkan berada pada jenjang D-IV atau Sarjana Terapan. Taruna yang lulus serta menyelesaikan pendidikan dan kemudian akan menyandang gelar S.Tr.Han atau Sarjana Terapan Pertahanan.

Sejarah Pendirian

Pendirian Akmil sendiri dimulai dari dibangunnya Militaire Academie (MA) di Yogyakarta pada 31 Oktober 1945. Kemudian, dalam jangka waktu 5 tahun, tepatnya pada tahun 1950, sekolah ini berhasil meluluskan 2 angkatan. Tapi kemudian lembaga ini ditutup serta angkatan ketiga menyelesaikan pendidikan mereka di KMA Breda, Belanda.

Walaupun MA Yogyakarta ditutup, sekolah militer lain kemudian didirkan kembali. Dalam rangka memenuhi kebutuhan TNI AD/ABRI ketika itu, Sekolah Perwira Darurat telah didirikan di beberapa tempat. Setelah itu, pada Januari 1951, berdiri lah sekolah Sekolah Perwira Genie Angkatan Darat (SPGi AD) di Bandung. Dan di bulan yang sama, berdiri pula Pusat Pendidikan Perwira AD atau P3AD yang juga berlokasi di kota yang sama.

Sekolah militer untuk TNI AD setelah itu dilebur menjadi Akademi Militer Nasinonal (AMN) yang bertempat di Magelang. Seiring berjalannya waktu, sekolah tersebut kemudian dijadikan sebagai pusat pendidikan angkatan bersenjata Indonesia (ABRI). Setelah itu, pada tahun 1999, Polri pisah dari TNI untuk mendirikan Akademi Kepolisian. AKABRI kemudian juga pecah menjadi AAL, AAU, dan juga Akmil.

Program Studi

Ketika masuk menjadi taruna di Akademi Militer, peserta didik nantinya perlu mengikuti Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Tahap I yang dilakukan selama 3 bulan. Kemudian, dilanjutkan Pendidikan Chandradimuka yang dilakukan bersama dengan taruna AAL dan AAU yang perlu ditempuh selama 9 bulan. Taruna yang berhasil menyelesaikan kedua pendidikan tersebut kemudian akan kembali ke akademi masing-masing.

Baca Juga: Tahapan dan Persiapan Mengikuti Tes AKMIL dari Bimbel Akademi TNI POLRI Online Yogyakarta

Akademi Militer memiliki beberapa pilihan program studi untuk para peserta didiknya. Semua program tersebut ada pada jenjang Diploma IV atau D-IV yang pendidikannya ditempuh selama 4 tahun. Program studi yang dibuka semuanya sudah terakreditasi A, yakni:

  • Teknik Mesin Pertahanan
  • Teknik Sipil Pertahanan
  • Perpangkatan Taruna
  • Teknik Elektro Pertahanan
  • Ilmu Manajemen Pertahanan
  • Ilmu Administrasi Pertahanan

Profil Akmil

Taruna yang belajar dan juga berlatih di Akmil tidak semuanya mempunyai pangkat yang sama. Setiap tahunnya, taruna akan memperoleh kenaikan pangkat. Berikut penjelasannya:

  • Prajurit Taruna (Pratar)

Pangkat Prajurit Taruna akan diperoleh oleh peserta didik yang baru saja masuk Akmil. Gelar ini akan disandang selama 3-4 bulan awal mengikuti pendidikan.

  • Kopral Taruna (Koptar)

Setelah berhasil mengikuti pelatihan awal, taruna akan naik pangkat yakni menjadi Kopral Taruna. Pangkat tersebut akan dimiliki selama 9 bulan pendidikan lanjutan.

  • Sersan Taruna (Sertar)

Sersan Taruna akan diberikan kepada peserta didik yang telah masuk tahun kedua. Pangkat ini akan disandang selama 1 tahun ke depan atau 12 bulan.

Kemudian, memasuki tahun ketiga, taruna akan naik pangkat menjadi Sersan Mayor Dua Taruna.  Pangkat yang terakhir ialah Sersan Mayor Satu Taruna yang akan dimiliki oleh taruna tahun keempat di Akmil.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akmil Yogyakarta. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akmil Yogyakarta Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel