Pahami Pemeriksaan Fisik Sekolah Militer dari Les Bimbel Masuk Akpol Polri Tanjung Pinang

Pahami Pemeriksaan Fisik Sekolah Militer dari Les Bimbel Masuk Akpol Polri Tanjung Pinang

Les Bimbel Masuk Akpol Polri – Tentara menjadi salah satu pekerjaan yang perlu ditunjang oleh fisik yang prima. Cara untuk bergabung ke sekolah militer dan menjadi tentara salah satunya bisa dilakukan melalui Seleksi Akademi Militer. Pada seleksi tersebut, akan ada beberapa tes yang akan dilakukan, salah satunya ialah tes fisik.  Meskipun begitu, fisik bukan satu-satunya hal yang akan diukur. Tapi, tetap menjadi salah satu syarat wajib untuk menjadi pertahanan negara paling depan ini.

Militer di Indonesia sendiri terbagi menjadi 3 divisi, yakni angkatan darat (TNI-AD), angkatan laut (TNI-AL), dan juga angkatan udara (TNI-AU). Dari semua tes yang dilakukan pada proses rekrutmen, pemeriksaan fisik biasanya memang menjadi momok yang paling berat dikarenakan banyak peserta yang gagal dalam tes ini. Badan ideal belum tentu menandakan jika seseorang mempunyai tubuh yang sehat dan bugar.

Tes kesehatan tersebut nantinya akan terbagi menjadi dua bagian, yakni tes kesehatan bagian luar tubuh serta bagian dalam tubuh. Pemeriksaan kesehatan luar tubuh yang dilakukan meliputi tinggi badan, postur, gigi, mata, THT, alat reproduksi, hingga anus. Sedangkan pada tubuh bagian dalam akan dilakukan rontgen, tes darah dan juga tes urine. Disamping, akan dilakukan pemeriksaan mental, sebab pekerjaan ini memang memerlukan kesehatan mental yang baik dan prima.

Rekrutmen untuk sekolah militer terbagi atas tiga tingkatan, yakni Tamtama, Bintara, dan Akademi Militer (Akmil). Hal ini tergantung pada latar belakang pendidikan dari orang yang mendaftar. Untuk Tamtama sendiri, seseorang dengan tamatan SMP dan sederajat masih bisa mendaftar. Kemudian pada tingkatan Bintara, seseorang yang mendaftar harus minimal lulusan dari SMA. Sementara itu, untuk mendaftar ke Akmil, minimal pendidikan SMA sampai sarjana.

Berikut beberapa pemeriksaan fisik yang akan dilakukan sebelum masuk ke sekolah militer:

  • Tes kesehatan tekanan darah.
  • Tes kesehatan paru-paru.
  • Tes darah.
  • Tes kesehatan mata.
  • Tes darah.
  • Tes darah.
  • Tes buta warna.
  • Tes gigi, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini Dia Tahapan Seleksi Calon Taruna AKPOL dari Bimbel Akpol Pekanbaru

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan diri saat pemeriksaan tersebut mendekat, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Berolahraga

Salah satu tips untuk bisa melewati pemeriksaan fisik untuk masuk ke sekolah militer tentu saja ialah dengan rutin berolahraga. Hal tersebut bisa membuat tubuh Anda lebih bugar sehingga peredaran darah menjadi lancar. Jika Anda tidak terbiasa untuk berolahraga berat, maka Anda bisa melakukan olahraga yang sederhana, seperti jogging atau bersepeda. Berolahragalah di pagi hari, supaya Anda bisa menghirup oksigen yang masih bersih.

2. Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok, maka coba untuk berhenti sebelum pemeriksaan dilakukan. Hal tersebut bisa membuat napas Anda menjadi lebih panjang dari biasanya. Kandungan dalam rokok bisa membuat napas menjadi pendek serta mudah terengah-engah.

3. Jangan Begadang

Lebih baik untuk tidur tepat waktu. Menjaga kualitas tidur akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar serta otak menjadi lebih sehat. Hal ini membuat kinerja dari tubuh menjadi lebih baik.

Itulah beberapa pemeriksaan fisik dan tips yang perlu Anda perhatikan sebelum masuk ke sekolah militer.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Les Bimbel Masuk Akpol Polri Tanjung Pinang. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Les Bimbel Masuk Akpol Polri Tanjung Pinang Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel