Tips Lolos dalam Mengikuti Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan TNI POLRI Palu

Tips Lolos dalam Mengikuti Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan TNI POLRI Palu

Sekolah Kedinasan TNI POLRI – Menjadi PNS ialah impian semua orang Palu yang telah berhasil lulus Sekolah dan memperoleh ijazah. Umumnya seorang PNS harus mempunyai pendidikan yang tinggi. Kemudian, apakah seorang tamatan SMA/SMK sederajat dapat menjadi seorang PNS? Bisa Lulusan/tamatan SMA sederajat bisa menjadi PNS, caranya ialah dengan jalur khusus masuk Sekolah Kedinasan ataupun Sekolah Ikatan Dinas.

Perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan menjadi salah satu alternatif pilihan untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Perguruan tinggi kedinasan juga tidak kalah populer dengan Perguruan Tinggi Negeri, karena setiap tahunnya sekolah kedinasan selalu dibanjiri pelamar yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di kedinasan. Disamping itu, masuk perguruan tinggi negeri tentu memerlukan biaya kuliah yang tidak murah, mulai dari biaya hidup higga yang merantau ataupun kebutuhan akan biaya kuliahnya sendiri.

Oleh sebab itu, memilih Perguruan Tinggi Kedinasan menjadi solusi yang tepat untuk siswa atau siswi yang mempunyai kepintaran namun terhalang oleh kemampuan ekonomi yang pas-pasan dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Karena, beberapa sekolah kedinasan selain menyediakan biaya kuliah yang gratis, juga saat lulus bisa bekerja. Beberapa sekolah kedinasan bahkan juga ada yang memberikan uang saku serta fasilitas asrama untuk tempat tinggal, sehingga tidak perlu mencari tempat kos maupun kontrakan lagi.

Lantas apa saja tips lolos seleksi sekolah kedinasan? Berikut beberapa diantaranya:

1. Tahapan Seleksi Tes Administrasi

Pertama, supaya Anda lolos masuk sekolah kedinasan , Anda harus mengetahui persyaratan administrasi yang diperlukan di masing-masing sekolah kedinasan. Tentu setiap sekolah kedinasan mempunyai kriteria persyaratan berbeda-beda. Anda tentu saja harus lolos di setiap persyaratan seperti :

  • Nilai yakni berupa Nilai Rata-rata Ujian di Ijazah, Minimal Nilai Rapor di 5 Semester dari kelas X dan XI (bagi yang belum lulus), atau Nilai Ujian yang tertulis di ijazah tidak boleh kurang dari nilai minimal/nilai yang telah ditentukan.
  • Calon lulusan atau lulusan SMA/SMK sederajat di tahun yang telah ditentukan.
  • Persiapkan berbagai Surat-surat penting yang dibutuhkan untuk melamar, seperti : KTP, KK, Surat Keterangan Belum menikah, SKCK, KTP Orang Tua (Baik Foto Copy / Asli / Legalisir atau Scan harus dipersiapkan dengan baik untuk mendaftar)
  • Pendaftaran Seleksi Administrasi pada umumnya akan dilakukan secara online, jadi Anda juga perlu mempersiapkan file dalam bentuk scan pdf (soft copy) untuk di Upload.

2. Tahapan  Tes Tertulis

Setelah lolos pada tahapan administrasi, Anda akan menghadapi Tes Tertulis seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yakni berupa Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelijen Umum dan juga Tes Karakteristik Pribadi. Tahapan Tes SKD ini akan diberikan dalam waktu 90 menit untuk mengerjakan. Tes ini wajib diikuti seluruh peserta sekolah kedinasan.

Baca Juga: Mau Jadi Taruna Akpol Wanita? Pelajari Syaratnya dari Les Private Masuk AKPOL POLRI Palu

Tes Tertulis lainnya ialah Tes Potensi Akademik atau Tes Kompetensi Bidang (TPA/TKB). Biasanya untuk tes ini hanya beberapa sekolah kedinasan saja yang menerapkan, ini berarti tidak semua sekolah kedinasan yang menerapkan tes tertulis ini.

Oleh sebab itu, selalu pelajari terkait dengan bentuk soal yang diujikan. Begitu Anda terbiasa dengan latihan soal yang banyak, tentu Anda bisa mengelola waktu dalam mengerjakan soal dengan lebih baik.

3. Seleksi Tes Kesehatan

Tahapan Seleksi Tes Kesehatan tersebut memang menjadi sebuah keharusan dan wajib di ikuti oleh peserta yang ingin masuk sekolah kedinasan. Setiap tahunnya pemerintah selalu menerapkan tahapan tersebut di setiap penerimaan calon taruna atau taruni atau mahasiswa sekolah kedinasan.

Oleh sebab itu, Anda yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi di Sekolah Kedinasan, mulai sekarang jaga kesehatan dan juga pergaulan, jauhi narkoba dan rokok, terapkan sejak sedini mungkin untuk bisa mengikuti Pola Hidup Sehat. Lalu cek kesehatan secara keseluruhan sebelum tes dilaksanakan.

Selain itu, masih ada tes lain yang perlu diikuti, seperti  seleksi kesamaptaan tahapan seleksi tes wawancara (interview) seleksi penentuan tahap akhir (pantukhir) dan yang lainnya.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Sekolah Kedinasan TNI POLRI Palu. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Sekolah Kedinasan TNI POLRI Palu Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel