Latihan Menghadapi Tes Fisik Bersama Les Private Masuk AKPOL POLRI Kendari

Latihan Menghadapi Tes Fisik Bersama Les Private Masuk AKPOL POLRI Kendari

Les Private Masuk AKPOL POLRI –  Menjadi taruna Akademi kepolisian atau AKPOL  tentu saja menjadi cita-cita banyak pemuda Kendari dan dimanapun. Puluhan bahkan juga ratusan ribu remaja Indonesia sudah mendaftarkan diri untuk menjadi calon taruna di AKPOL (Akademi Kepolisian). Berbagai tahapan tes, muali dari tes kesehatan, jasmani, psikotest, akademik,  dan yang lainnya harus bisa dilalui oleh mereka yang ingin masuk Akpol.

Penerimaan Akademi Kepolisian sudah mempunyai standar yang baik akan transparansinya. Keluarga dan juga kerabat dari calon taruna bisa melihat langsung hasil ujian dengan real time scoring, yakni penilaian yang langsung menunjukkan hasil ketika mereka mengerjakan ujian. Hal tersebut bisa meminimalisir bahkan menghilangkan kemungkinan terjadinya kecurangan ketika pengerjaan ujian akademis.

Selain itu, nantinya pada tes kesamaptaan jasmani para peserta diminta secara langsung untuk memverifikasi hasil dari pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani yang telah mereka lakukan. Apabila ada yang tidak sesuai, peserta bisa langsung protes terhadap hasil yang diberikan serta tidak menandatanganinya.

Lantas pertanyaannya, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi tes masuk Akademi Kepolisian? Pertanyaan tersebut memang sering kali muncul dari masyarakat.

Biasanya untuk tes akademik dan juga psikotes setiap tahun mempunyai ketentuan yang berbeda beda. Tapi, untuk tes jasmani pada umumnya selalu mempunyai aturan dan juga item yang sama setiap tahunnya. Pada tahapan tes jasmani berikut beberapa item yang bisa dilatihkan sebagaimana telah dikutip dari berbagai sumber:

Lari 12 Menit

Peserta harus sering melakukan latihan, salah satunya ialah lari selama 12 menit. Usahakan untuk melakukan latihan ini dengan mengelilingi lapangan sepak bola yang berukuran baku sekitar 400 m untuk calon peserta laki-laki pria. Dan setidaknya bisa mencapai 6 kali atau 2400 meter dalam waktu 12 menit. Sementara itu, untuk calon wanita setidaknya harus mencapai 5 kali atau 2000 meter. Anda bisa melakukan latihan lari tersebut secara rutin supaya kemampuan Anda bisa meningkat dari waktu ke waktu.

Pull Up

Pull Up menjadi salah satu latihan untuk calon peserta laki-laki yang hendak mengikuti tes fisik masuk Polisi. Ini berarti gerakan bisa diawali dengan bergantung di tongkat horizontal, kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tongkat tersebut, lalu kemudian turun hingga tangan lurus.

Baca Juga: Atasi Cara dan Syarat Pendaftaran Masuk Akademi Militer dari Bimbel Akmil Manado

Peserta diusahakan untuk  berlatih secara bertahap. Yakni mula-mula melakukan gerakan secara benar. Walaupun hanya sekali, kemudian sedikit demi sedikit bisa ditambah gerakan yang sinkron dengan kemampuan. Kemudian berusahalah untuk bisa melakukannya 10 kali atau lebih dengan menggunakan gerakan yang sempurna. Lebih baik latihan dilakukan bertahap namun tepat daripada banyak tapi gerakannya tidak sempurna.

Karena gerakan pull up yang tidak sempurna nantinya tidak akan dihitung saat seleksi kesamaptaan jasmani. Sementara itu, untuk perempuan bisa melakukan latihan chinning.

Sit Up

Sit Up ialah gerakan yang mengandalkan kekuatan otot perut. Sebab tujuannya memang untuk memperkuat otot perut.

Push Up

Push Up merupakan gerakan naik turun menggunakan bertumpu di kedua tangan dan juga kaki untuk bertumpu di ujung kaki, sementara wanita bertumpu di lutut waktu turun, badan tidak boleh menyentuh tanah dan saat naik tangan kembali lurus. Lakukan gerakan secara tepat sebab hanya gerakan yang tepat yang dihitung.

Selain itu, latihan yang perlu dilakukan selanjutnya ialah shuttle run dan juga renang. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Les Private Masuk AKPOL POLRI Kendari. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Les Private Masuk AKPOL POLRI Kendari Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel