Bahas Perbedaan Sekolah Kedinasan dengan Non Dinas Bersama Sekolah Kedinasan TNI POLRI Manokwari

Bahas Perbedaan Sekolah Kedinasan dengan Non Dinas Bersama Sekolah Kedinasan TNI POLRI Manokwari

Sekolah Kedinasan TNI POLRI – Ada banyak sekolah kedinasan yang dapat dipilih oleh siswa serta calon mahasiswa Manokwari untuk bisa melanjutkan pendidikan setelah mereka lulus SMA, SMK atau sederajat. Terdapat beberapa keuntungan yang menjadi alasan mengapa sekolah kedinasan menjadi favorit para siswa. Salah satunya ialah setelah lulus dapat langsung bekerja atau menjadi Calon Pegawai Sipil Negara (CPNS) dan beberapa ada yang membebaskan biaya kuliah.

Pada umumnya sekolah kedinasan ada di bawah naungan kementerian ataupun instansi tertentu. Bagi Anda yang mungkin ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan, tentu perlu mengetahui apa perbedaan sekolah kedinasan dengan Universitas.

Perbedaan Sekolah Kedinasan dan Universitas

1.     Penyelengara Pendaftaran

Perbedaan pertama yang perlu diketahui antara sekolah kedinasan dengan universitas ialah dari lembaga yang menaungi pendaftarannya. Apabila ingin mendaftar di PTN, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan lembaga  yang menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi untuk para calon mahasiswa baru.

Sementara itu, jika Anda ingin masuk ke universitas swasta, Anda tinggal mendaftar ke kampus yang dituju. Lembaga ini ada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sementara itu, jika Anda ingin mendaftar di sekolah kedinasan, SSCAN DIKDIN merupakan lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi untuk calon mahasiswa baru dalam lingkup sekolah kedinasan. Lembaga tersebut ada di bawah naungan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Tapi, ada juga beberapa sekolah kedinasan yang proses pendaftarannya tidak lagi melalui SSCAN DIKDIN, melainkan langsung dilakukan dari instansi tersebut.

2.     Proses Seleksi

Bagi Anda yang ingin mendaftar di PTN, maka nantinya akan dihadapkan dengan 3 kategori seleksi pada umumnya, yakni:

  • Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
  • Ujian Mandiri

Sedangkan untuk proses seleksi di sekolah kedinasan memang relatif lebih panjang. Pada umumnya proses seleksi yang dilakukan di sekolah kedinasan tidak jauh berbeda, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Tes Administrasi
  • Tes Kesamaptaan
  • Tes Kesehatan
  • Tes Psikotes
  • Tes Wawancara
  • Tes Kompetensi

Baca Juga: Cara Mudah Lulus Tes Masuk Polri dengan Les Private Masuk AKPOL POLRI Manokwari

3.     Tempat Tinggal

Mahasiswa sekolah kedinasan, pada umumnya akan ditinggal di asrama. Saat pengumuman sekolah kedinasan keluar, untuk mereka yang lulus maka akan tinggal serta di tempatkan di asrama kampus. Berbagai sekolah kedinasan mempunyai konsep asrama yang berbeda-beda. Ada yang barak ada juga yang kamar.

4.     Sistem Akademik

Sistem akademik yang diterapkan di sekolah kedinasan dengan universitas sangat beda. Jadwal akademik di sekolah kedinasan memang sangat padat sebab dipengaruhi konsepsi sekolah kedinasan. Hampir seluruh sekolah kedinasan saat mahasiswanya lulus akan menyandang gelar Sarjana terapan (D4), dimana didalam gelar sarjana terapan akan di melalui proses akademik dengan bobot 70% praktek dan juga 30 %teori.

Oleh sebab itu, jadwal akademik di sekolah kedinasan memang akan sangat padat dan lebih diisi dengan berbagai kegiatan praktek. Beberapa sekolah kedinasan juga menerapkan sistem drop out (DO) untuk mereka yang tidak mengikuti peraturan kampus terutama terkait hal akademik.

Hal tersebut berbeda dengan universitas, yang mana mahasiswa dibebaskan berpakaian ketika berkuliah serta sistem akademiknya  memang tidak seketat di sekolah kedinasan. Universitas pada umumnya akan menerapkan komposisi kurikulum 60% teori dan juga 40% praktek.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi masuk sekolah kedinasan TNI POLRI Manokwari bersama Bintang Bangsa. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan TNI POLRIManokwari bersama Bintang Bangsa. Bimbel AKPOL dan AKMIL Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel