Fakta Terkait Sekolah Kedinasan yang Perlu Diketahui

Fakta Terkait Sekolah Kedinasan yang Perlu Diketahui

Sekolah Kedinasan TNI POLRI – Setelah lulus sekolah, ada salah satu pilihan yang banyak diambil yakni dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat 3 pilihan perguruan tinggi yakni Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan juga Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Salah satu yang tidak pernah sepi peminat ialah PTK.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tertarik untuk memperoleh pendidikan di sekolah kedinasan? Simak fakta sekolah kedinasan berikut ini:

Seleksinya Ketat yang Melalui Berbagai Tahapan

Penerimaan mahasiswa serta taruna baru di sekolah kedinasan memang selalu menarik minat masyarakat. Setiap kali seleksi dibuka,maka ribuan pendaftar selalu memenuhi laman pendaftaran. Banyaknya peminat tersebut tentu akan berbanding lurus dengan ketatnya seleksi yang akan dilakukan. Hal ini disebabkan setiap sekolah mempunyai kuota penerimaan yang sudah ditentukan.

Disamping itu, seleksi di sekolah kedinasan juga akan dilakukan melalui berbagai tahapan yang hampir semuanya menerapkan sistem gugur. Seleksi akan dimulai dari seleksi administrasi, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), serta tes lanjutan yang berbeda-beda pada setiap sekolah kedinasan. Apabila Anda ingin lolos masuk ke PTK, maka Anda harus mengikuti semua tes tersebut.

Perlu Memperhatikan Persyaratan Penerimaan Secara Rinci

Fakta sekolah kedinasan selanjutnya ialah adanya persyaratan-persyaratan yang harus diperhatikan oleh para pendaftar. Banyak sekolah kedinasan yang biasanya memberikan persyaratan khusus misalnya tinggi badan minimal, tidak boleh buta warna, tidak boleh menderita penyakit tertentu dan lain sebagainya.

Syarat-syarat tersebut perlu benar-benar diperhatikan oleh para pendaftar. Jika peserta seleksi tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, ada kemungkinan besar jika pendaftar tidak akan lolos seleksi .

Ada Sistem Drop Out

Sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah kedinasan memang dikenal sangat ketat. Salah satu peraturan yang harus benar-benar diperhatikan jika Anda ingin mendaftar ialah adanya sistem drop out saat menempuh pendidikan nantinya. Terdapat beberapa alasan yang memungkinkan seorang peserta didik di sekolah kedinasan dikeluarkan diantaranya ialah melakukan kekerasan, narkoba, dan lain sebagainya. Bukan hanya pelanggaran sejenis itu, drop out juga bisa berlaku untuk beberapa hal lain.

Baca Juga: Mengenal Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) Polri

Tidak Semuanya Merupakan Sekolah Semi Militer

Banyak yang beranggapan jika sekolah kedinasan selalu berkaitan dengan pendidikan militer. Namun nyatanya, tidak semua PTK melaksanakan pendidikan semi militer. Terdapat beberapa sekolah kedinasan yang lebih fokus terhadap pembelajaran akademik dan juga perkuliahannya pun tidak jauh berbeda dari perguruan tinggi umum lainnya.

Setelah Lulus Cepat Dapat Kerja

Fakta selanjutnya dari sekolah kedinasan yang membuat PTK selalu diserbu pendaftar ialah peserta didik akan menjalani masa ikatan dinas setelah mereka dinyatakan lulus. Hal tersebut berlaku sebagai bentuk pengabdian terhadap negara yang sudah membiayai pendidikan selama masih menjadi taruna atau mahasiswa.

Ikatan dinas bagi setiap sekolah kedinasan tentu berbeda-beda. Pada umumnya lulusan akan ditempatkan di lembaga pemerintah yang membutuhkan atau yang menjadi areanya. Disamping itu, penempatannya juga akan disesuaikan dengan pendidikan yang didapatkan, misalnya lulusan Polstat STIS akan menjadi pegawai di Badan Pusat Statistik dan lulusan AKMIL nantinya akan menjadi tentara TNI AD.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi masuk sekolah kedinasan TNI POLRI bersama Bintang Bangsa. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan TNI POLRI bersama Bintang Bangsa. Bimbel AKPOL dan AKMIL Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel