Sejarah, Peran dan Fungsi Taruna dalam Masyarakat

Sejarah, Peran dan Fungsi Taruna dalam Masyarakat

Bimbel Akmil – Taruna secara umum memiliki arti pemuda. Seperti pada karang taruna, istilah tersebut mempunyai makna perkumpulan pemuda di kampung. Tapi yang akan di bahas dalam tulisan ini ialah taruna yang berkaitan dengan pendidikan militer, terutama di Akademi Militer TNI Angkatan Darat (AD). Lantas apa pengertian dari taruna jika dilihat dari konteks militer?

Pengertian Taruna

Didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan secara khusus jika taruna merupakan pelajar atau siswa sekolah calon perwira. Ini berarti, para taruna yang mengikuti sekolah kedinasan militer tersebut nantinya akan lulus sebagai perwira TNI.

Mengutip dari akmil.ac.id, setiap matra TNI mempunyai sekolah untuk taruna, yakni Akademi Militer (Akmil) untuk TNI AD, Akademi Angkatan Udara (AAU) untuk TNI AU serta Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk TNI AL.

Sejarah dan Latar Belakang Munculnya Taruna

Mengutip dari situs Akmil, istilah taruna telah digunakan ketika Akmil masih menggunakan nama Militaire Academie (MA) yang dulunya dibentuk di Yogyakarta pada tanggal 31 Oktober 1945. Lalu 5 tahun kemudian, MA Yogyakarta ditutup sementara.

Setelah itu, didirikan Sekolah Perwira Darurat di sejumlah daerah, diantaranya Malang, Tangerang,  Mojoagung, Salatiga, Palembang, Brastagi, Bukit Tinggi dan Prapat sebab tingginya kebutuhan akan perwira TNI AD/ABRI ketika itu.

Karena banyak akademi TNI AD/ABRI pada  berbagai daerah, maka di tahun 1952 diusulkan supaya digabung menjadi satu yakni dengan nama Akademi Militer Nasional (AMN) yang ada di Yogyakarta. Presiden Soekarno sendiri telah meresmikan Akademi Militer Nasional tersebut di tahun 1957.

Didalam perjalanannya, AMN, AAL, AAU dan juga Akademi Angkatan Kepolisian (AAK) bergabung menjadi AKABRI di tahun 1965. Sampai tahun 1999, Polri kemudian terpisah dari tiga angkatan lainnya. AKABRI pun terpisah juga menjadi Akmil, AAL dan AAU.

Peran dan Fungsi Taruna dalam Masyarakat

Taruna bukan sekadar dilatih untuk aktivitas militer misalnya latihan perang, latihan fisik dan latihan menembak. Taruna juga akan dilatih untuk hadir serta berperan aktif di tengah-tengah masyarakat. Menutip dari laman tni.mil.id, taruna mempunyai kegiatan, salah satunya dengan Latihan Praja Bakti. Melalui program tersebut, taruna Akmil dituntut untuk melakukan darma bakti pada masyarakat.

Baca Juga: Tips Sukses Masuk Akpol dengan Mudah

Contoh dari kegiatan nyata para taruna Akmil diantaranya ialah memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH) di desa-desa. Lalu para taruna Akmil akan melakukan pelebaran jalan pada beberapa area. Kegiatan lainnya ialah melakukan jambanisasi/perbaikan sistem sanitasi di perkampungan. Pada pelaksanaan kegiatan tersebut, taruna Akmil melakukan gotong royong bersama masyarakat sekitar.

Program Pendidikan dan Pelatihan yang Diterima Taruna

Taruna Akmil akan menerima lulusan SMA sederajat. Para taruna nantinya akan menempuh pendidikan sebagai calon perwira TNI AD dalam waktu 4 tahun. Selama mengikuti pendidikan, para taruna Akmil juga memeperoleh pangkat sebagai berikut:

  1. Di tingkat 1 atau di tahun pertama, taruna dengan pangkat Prajurit Taruna (Pratar) dan juga Kopral Taruna (Koptar).
  2. Setelah berhasil menyelesaikan tingkat pertama serta duduk di tingkat dua, taruna akan memperoleh pangkat Sersan Taruna (Sertar).
  3. Setelah berhasil menjalani pendidikan tingkat 3, taruna Akmil akan memperoleh pangkat Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar).
  4. Di tingkat 4, taruna memperoleh pangkat Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar).

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akmil. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akmil Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel