Apa Fungsi Tes Wawasan Kebangsaan?

Apa Fungsi Tes Wawasan Kebangsaan?

Sekolah Kedinasan TNI POLRISebagai guru akan terus berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengajar murid dengan sungguh-sungguh. Selain guru, para calon anggota polisi dan TNI tentu harus memiliki nasionalisme yang tinggi. Dan yang paling penting untuk disadari yaitu wawasan kebangsaan yang sangat penting untuk diketahui. Sehingga, ketika mendaftarkan menjadi ASN atau PNS, pasti akan menjumpai berbagai macam tes terkait hal tersebut. Salah satunya yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK).

Arti dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes wawasan kebangsaan ialah tes yang diselenggarakan untuk menguji sejauh mana pengetahuan calon PNS atau ASN mengenai sejarah, dan wawasan kebangsaannya. Contoh mengenai semboyan Negara Indonesia, mengenai bahasa Indonesia, sejarah NKRI. Jenis tes yang digunakan oleh pihak BKN dalam memilih anggotanya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, soal TWK telah berbasis HOTS.  

Fungsi dari TWK ini ialah untuk menguji pemahaman mengenai wawasan kebangsaan. Supaya saat menyeleksi calon pegawai sipil bisa mendapatkan yang berintegritas, cinta Negara, loyal, dan untuk menghadirkan komitmen Negara.

Sementara materi yang dikeluarkan pada seleksi CPNS didasari pada permenPAN-RB nomor 27 tahun 2021, yaitu mulai dari masalah nasionalisme, integritas, bela negara, sampai pilar agama.

Contoh Soal Tes Kebangsaan yang Berbasis HOTS

Mungkin, masih ada yang bingung maksud dari soal yang berorientasi pada HOTS. Karena dasarnya adalah soal HOTS, jadi soal yang keluar adalah soal yang menuntut untuk berpikir tingkat tinggi. Ini sudah menjadi ciri khas soal HOTS. Sekolah kedinasan ialah perguruan tinggi yang didirikan dan dikelola oleh pemerintah untuk mempersiapkan calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN). Sesudah dinyatakan lolos mengikuti serangkaian tahapan masuk kedinasan, para calon ASN tersebut harus menempuh pelatihan dan pendidikan khusus yang dibutuhkan untuk bekerja di lingkungan pemerintahan.

Bagaimana mengetahui sekolah kedinasan yang memberlakukan ikatan dinas atau tidak? Tenang, tinggal mengamati syarat-syarat yang diajukan ketika mendaftar, sebelum mengikuti proses atau tahapan seleksi kedinasan. Apabila ada ketentuan bahwa setelah lulus kuliah harus siap mengikuti penempatan kerja sebagai ASN, berarti sekolah kedinasan atau jurusan yang kamu pilih itu memberlakukan ikatan dinas bagi lulusannya.

Ada empat tahapan masuk sekolah Kedinasan, yaitu:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tes Seleksi Kompetensi Dasar kedinasan terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Tes SKD dikerjakan dengan memakai sistem CAT (Computer Assement Test) dan diselenggarakan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Baca Juga: Pelajari Benefit Belajar Biologi untuk Persiapan Masuk Akmil

2. Tes Kesehatan Tahap I

Setelah tes SKD sekolah kedinasan selanjutnya apa? Tahapan tes sekolah kedinasan berikutnya yaitu tes kesehatan. Tahapan seleksi kedinasan ini bertujuan untuk meyakinkan kesehatan calon Praja.

3. Tes Psikologi Integritas dan Kejujuran

Materi tes sekolah kedinasan ini berupa tes kecerdasan, tes kepribadian dan tes kecermatan. Tempat pelaksanaan tesnya akan dilaksanakan oleh Biro SDM Polda.

4. Pantukir

Tahapan seleksi kedinasan yang terakhir ini berupa verifikasi faktual dokumen administrasi pendaftaran, tes kesehatan tahap II, tes fisik sekolah kedinasan, dan pemeriksaan penampilan.

Terkadang yang membuat khawatir adalah sistem gugur yang diterapkan pada setiap tahapan seleksi sekolah kedinasan. Jika pada satu tahap kamu dinyatakan tidak lulus, kamu tidak akan bisa mengikuti tahapan tes sekolah kedinasan yang berikutnya.

Ada yang perlu di ingat bahwa tahapan tes seleksi tidak selalu sama di setiap sekolah kedinasan. Sesudah melangsungkan SKD, tahapan seleksi kedinasan mungkin bisa jadi berbeda antara satu sekolah kedinasan dengan sekolah kedinasan yang lain.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, sekolah kedinasan TNI POLRI. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. sekolah kedinasan TNI POLRI Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel