Mengenal Tes Kesamaptaan untuk Masuk Akpol Polri

Mengenal Tes Kesamaptaan untuk Masuk Akpol Polri

Les Bimbel Masuk Akpol PolriSesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kesamaptaan mempunyai arti kesiapsiagaan. Apabila digabungkan dengan jasmani, tes kesamaptaan jasmani bisa diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk melihat kesiapan fisik dari seseorang. Tes kesamaptaan menjadi tahapan penting untuk dilakukan ketika dilakukan seleksi calon taruna AKPOL. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melihat ketahanan fisik dari para peserta sehingga mereka bisa mengikuti pendidikan di AKPOL tanpa mengalami kesulitan.

Ketika dilakukan seleksi calon taruna AKPOL, ada beberapa jenis aktivitas fisik yang akan dilakukan untuk menguji kesiapsiagaan dari para peserta. Lantas apa saja yang termasuk dalam tes kesamaptaan AKPOL? Berikut beberapa diantaranya:

Lari 12 Menit

Salah satu tes yang akan dilakukan ialah tes lari selama 12 menit. Peserta akan diminta untuk terus berlari selama 12 menit pada area yang sudah disediakan. Tidak terdapat ketentuan tertentu didalam kecepatannya, yang pasti peserta diharuskan untuk tetap berlari walaupun lambat dan juga kecil. Apabila calon taruna kedapatan berhenti berlari dan tengah berjalan, maka bisa dianggap selesai walaupun mereka belum mencapai waktu yang ditentukan yakni 12 menit tersebut. Penilaian yang akan diambil dari tes lari 12 menit tersebut ialah jarak yang berhasil ditempuh oleh peserta.

Pull Up atau Chinning

Setelah selesai melakukan tes pertama, peserta akan mendapatkan waktu istirahat yakni selama kurang lebih 10 menit. Lalu tes akan dilanjutkan dengan melakukan Pull Up untuk laki-laki dan juga Chinning untuk para peserta perempuan.

Pada tes tersebut, poin yang akan dinilai ialah seberapa banyak gerakan yang berhasil dilakukan dalam waktu 1 menit. Batas minimal serta maksimalnya sendiri tidak sama antara laki-laki dengan perempuan, sebab gerakan yang dilakukan juga tidak sama. Saat mengikuti tes lari 12 menit, peserta yang tidak mampu memenuhi batas minimal yang telah ditentukan maka akan dinyatakan gugur.

Sit Up

Gerakan berikutnya yang akan dilakukan dalam Tes Kesamaptaan Jasmani Calon Taruna AKPOL ialah sit up. Peserta diharuskan untuk melakukan gerakan tersebut sebanyak-banyaknya dalam waktu 1 menit. Jika ada peserta yang tidak sampai batas bawah ketentuan, maka nilai yang diperoleh akan rendah dan tidak bisa mengikuti tes berikutnya.

Bentuk dari gerakan sit upnya sendiri sedikit berbeda antara laki-laki dengan perempuan. Peserta laki-laki melakukan sit up dengan cara telapak tangan diletakkan di belakang kepala serta gerakannya miring (yang mana siku kanan menyentuh lutut kiri, dan juga sebaliknya). Sementara itu, untuk peserta perempuan, sit up yang dilakukan ialah dengan cara ke dua tangan di samping badan serta gerakannya lurus.

Baca Juga: Ketahui Persiapan Dasar Seleksi Administrasi POLRI

Push Up

Setelah berhasil melakukan berbagai gerakan tes tersebut di atas, peserta nantinya akan diminta untuk melakukan Push Up. Calon taruna diminta untuk melakukan gerakan tersebut semampunya yakni dalam waktu 1 menit.

Sama dengan tes sebelumnya, ada perbedaan antara gerakan Push Up untuk para peserta laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki, diharuskan untuk melakukan Push Up secara full yakni dengan menggunakan kaki sebagai tumpuannya. Sementara itu, untuk peserta perempuan melakukan Knee Push Up yang mana tumpuannya terletak pada lutut.

Shuttle Run

Selain melakukan lari dalam waktu 12 menit, Shuttle Run juga menjadi salah satu tes yang harus dilewati oleh para peserta. Tes yang dilakukan tersebut tentu saja berbeda dengan lari 12 menit. Yang manan nantinya peserta diharuskan untuk lari dengan membentuk angka 8 dengan dua tiang yang menjadi titik putarnya.

Selain itu, masih ada beberapa tes kesamaptaan lainnya yang perlu dilalui. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Les Bimbel Masuk Akpol Polri. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Les Bimbel Masuk Akpol Polri Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel