Tips Lolos Tes Kesehatan Masuk Akademi Militer

Tips Lolos Tes Kesehatan Masuk Akademi Militer

Bimbel Akademi TNI POLRI Online – Tes kesehatan menjadi salah satu materi penilaian dalam proses seleksi untuk bisa masuk AKMIL. Bukan rahasia lagi jika ada bearagam serangkaian tes yang harus dilalui oleh para calon anggota Akademi Militer. Proses seleksi penerimaannya juga akan dilakukan dengan sangat ketat, yang mana salah satu tes yang harus dilalui adalah tes kesehatan. Terdapat beberapa bimbel yang bisa membantu Anda untuk bisa lolos dalam tes kesehatan akmil.

Anggota dari Akademi Militer dituntut untuk memiliki kesehatan yang baik. Hal tersebut tentunya dilakukan bukan tanpa alasan, karena mengingat beratnya tanggung jawab yang akan diemban oleh anggota Akademi Militer yang mana salah satunya bertumpu pada kekuatan fisiknya. Oleh karena itu, banyak sekali standar tes kesehatan yang perlu dipenuhi oleh para calon anggota yang akam dilihat dari ujung rambut sampai kaki.

Pada umumnya tes kesehatan AKMIL akan dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama terutama akan dilakukan pemeriksaan bagian luar tubuh. Diantaranya yang akan diperiksa ialah postur, tinggi dan berat badan, kulit, telinga, virginitas dan juga payudara (khusus wanita), varikokel dan hernia (untuk pria), amandel, ambeien, tangan, dan juga jemari, mata, THT, gigi, alat reproduksi, anus, bentuk kaki X atau O, varises, telapak kaki dan lain sebagainya. Pada tahap ini, calon peserta akan diperiksa oleh panitia Tes terutama oleh panitia bidang kesehatan.

Kemudian, pada tes kesehatan tahap kedua akan dilakukan pemeriksaan bagian dalam tubuh yang mana pemeriksaan yang dilakukan meliputi: darah, urine, dan Rontgen. 

Ketatnya seleksi yang dilaksanakan bertujuan untuk bisa menjaring taruna Akademi Militer terbaik. Seleksi yang akan dilakukan meliputi berbagai penilaian berlapis yang diambil dari berbagai aspek. Proses seleksi taruna Akademi Militer sendiri akan dilakukan bertingkat. Yang mana akan dimulai dari tingkat daerah yaitu di komando distrik militer (kodim) yang bertujuan untuk melaksanakan seleksi administrasi. Kemudian di tingkat komando resor militer (korem), dan juga komando daerah militer (kodam) akan dilakukan pengujian.

Sementara itu, untuk pemeriksaan kesehatan memang akan dilakukan secara lengkap untuk menjangkau semua bagian tubuh baik bagian luar maupun. Namun, pada kenyataannya banyak peserta yang gagal dalam mengikuti tes kesehatan, Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Peserta yang tidak lulus bisa disebabkan karena belum paham penilaian seperti apa yang dilakukan saat diuji nanti. Para peserta yang tidak lolos dalam tes kesehatan AKMIL tentu tidak akan bisa mengikuti tahapan tes berikutnya.

Baca Juga: Mengenal Tes Kesamaptaan untuk Masuk Akpol Polri

Tips Meningkatkan Kesehatan

Oleh sebab itu, supaya bisa mengikuti tahapan tes berikutnya, peserta perlu berusaha dengan mempersiapkan diri untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka. Agar bisa lolos dalam tes kesehatan mata di Akademi Militer, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah yang memiliki kandungan vitamin A.

Seperti yang sudah diketahui jika vitamin A memiliki kandungan beta karoten yang menjadi sumber antioksidan sehingga bermanfaat untuk mengurangi resiko degenarasi makula. Sebelum Anda melakukan tes kesehatan mata, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau vitamin yang mengandung vitamin A.

Selain dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, mencoba memfokuskan mata pada objek jauh dan objek dekat juga bisa dijadikan sebagai cara untuk melatih mata. Proses tersebut dapat dilakukan beberapa kali. Selain itu, jangan lupa selalu periksakan kondisi kesehatan tubuh Anda secara rutin.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akademi TNI POLRI Online. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akademi TNI POLRI Online Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel