Pelajari Perbedaan Jenjang Kepangkatan Tamtama dan Bintara dalam Kepolisian

Pelajari Perbedaan Jenjang Kepangkatan Tamtama dan Bintara dalam Kepolisian

Bimbel Akpol – Setiap instansi pemerintahan tentu memiliki jenjang karir atau jenjang kepangkatan. Tidak terkecuali dalam instansi kepolisian republik Indonesia atau Polri. Dimana dalam Polri terdapat jenjang karir bagi prajurit polisi yang bisa didapatkan sesuai dengan pendidikan dan prestasi yang telah dicapainya. Bagi anda yang ingin berkarir dalam kepolisian, penting untuk mengetahui jenjang karir atau kepangkatan dalam Kepolisian.

Secara umum, struktur organisasi kepolisian republik Indonesia atau Polri terbagi menjadi beberapa golongan. Dimana dua golongan kepangkatan dalam kepolisian yaitu Bintara dan Tamtama. Ketahui perbedaan utama antara Bintara dan Tamtama yang perlu diketahui yaitu:

Jenjang kepangkatan

Jenjang kepangkatan Tamtama dan Bintara memiliki perbedaan. Dimana Tamtama merupakan jenjang kepangkatan paling rendah yang ada di kepolisian. Sedangkan untuk Bintara merupakan jenjang pangkat di atas tamtama, dan berada di bawah jenjang pangkat Perwira.

Lama masa pendidikan kepolisian

Syarat untuk menjadi Tamtama maupun Bintara minimal harus lulus SMA atau yang sederajat. Baik itu Tamtama maupun Bintara keduanya harus menjalani masa pendidikan kepolisian di Sekolah Polisi Negara (SPN). Lama masa Pendidikan untuk Tamtama adalah lima bulan. Sedangkan lama masa Pendidikan untuk Bintara yaitu tujuh bulan.

Tugas dan tanggung jawab

Tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh Tamtama dan Bintara tentu berbeda. Dimana tugas dan tanggung jawab Tamtama yaitu melaksanakan tugas taktis dan teknis di lapangan. Sedangkan tugas dan tanggungjawab yang dimiliki oleh Bintara adalah memimpin dan membimbing beberapa Tamtama. Bintara juga memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai penghubung antara Tamtama dan Perwira.

Jenjang golongan kepangkatan

Golongan kepangkatan dalam Tamtama dimulai dari Bhayangkara Dua (Bharada). Kemudian Bhayangkara Satu (Bharatu), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda) Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu), dan Ajun Brigadir Polisi (Abrip). Sedangkan golongan kepangkatan Bintara dimulai dari Brigadir Polisi Dua (Bripda). Kemudian Brigadir Polisi Satu (Briptu), Brigadir Polisi (Brigpol), Brigadir Polisi Kepala (Bripka), Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda), dan Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu).

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Persyaratan Masuk Akademi Kepolisian dan Menjadi Perwira Polri

Lambang kepangkatan

Lambing kepankatan Bintara dan Tamtama juga berbeda. Dimana di seragam dinas Bintara tinggi menggunakan simbol seperti huruf M berwarna perak. Sedangkan pangkat yang lebih rendah menggunakan simbol huruf V terbalik berwarna perak. Untuk Tamtama menggunakan lambang kepangkatan simbol huruf V terbalik berwarna merah untuk golongan pangkat yang tinggi. Dan simbol garis miring berwarna merah untuk golongan pangkat Tamtama yang lebih rendah.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi bagian dari kepolisian republik Indonesia? Sebelum itu anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan mengikuti les bimbel akpol. Tingkatkan potensi lolos seleksi masuk kepolisian dengan les bimbel masuk akpol terbaik dan terlengkap. Sehingga, mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan kemampuan akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan karakter disiplin.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Les Bimbel Akpol Polri. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Les Bimbel Akpol Polri Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel