Perhatikan Persiapan Masuk Akademi Kepolisian

Perhatikan Persiapan Masuk Akademi Kepolisian

Bimbel Akpol – Banyak orang yang menginginkan untuk menjadi bagian dari kepolisian Republik Indonesia. Profesi Polisi sangat diminati oleh banyak orang karena memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Image seorang polisi sangatlah gagah berani di mata masyarakat. Bahkan sosok seorang Polisi sangat dihormati di lingkungan. Tidak heran jika banyak orang yang menaruh minatnya untuk menjadi seorang polisi. Namun, sebelum menjadi seorang Polisi, anda harus melalui Pendidikan khusus bagi calon anggota kepolisian.

Untuk bisa menjadi bagian dari Anggota Kepolisian diperlukan latihan rutin. Memiliki persiapan yang matang penting untuk memperbesar peluang lulus tes masuk polri. Para calon siswa Akademi Kepolisian (Akpol) harus mempersiapkan berbagai hal salah satunya tes jasmani. Tahapan seleksi tes jasmani untuk masuk Akpol meliputi Kesamaptaan A, Kesamaptaan B dan Renang. Setiap tes kesamaptaan jasmani untuk bisa masuk Akpol memiliki standar penilaian yang telah ditentukan.

Kesamaptaan sendiri memiliki arti kesiapsiagaan. Sehingga, kesamaptaan jasmani merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk melihat kesiapan fisik dari calon polisi. Tes kesamaptaan jasmani merupakan salah satu tes penting yang dilakukan pada seleksi calon taruna Akpol. Tes kesamaptaan jasmani dilakukan dengan tujuan untuk melihat ketahanan fisik dari para calon siswa yang mengikuti pendidikan di Akpol. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti tes seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol), diantaranya yaitu:

Lari 12 Menit

Para peserta yang mendaftar masuk Akpol diharuskan untuk mengikuti tes lari selama 12 menit. Penilaian yang diambil dari tes lari 12 menit pada tahapan seleksi masuk Akpol adalah jarak yang berhasil ditempuh oleh peserta. Panitia akan menghitung sejauh mana peserta tersebut dapat berlari, apabila peserta dapat memenuhi batas yang telah ditentukan maka bisa mendapatkan nilai penuh.

Pull Up

Untuk peserta pria yang mengikuti tes fisik masuk Akademi Kepolisian (Akpol) perlu mengikuti tes pull up. Tes fisik ini diawali dengan bergantung pada sebuah tongkat horizontal. Kemudian peserta peru untuk menarik badan ke atas sampai dagu dan melewati tongkat. Selanjutnya, peserta kembali turun sampai tangan lurus.

Chinning Up

Untuk peserta wanita maka dilakukan tes fisik chinning up. Gerakan ini dilakukan dengan berdiri di depan tongkat mendatar dan posisi kaki tetap menginjak tanah. Kemudian, peserta perlu menarik badannya ke depan dan kembali ke belakang.

Baca Juga: Pilihan Sekolah Kedinasan untuk Meniti Karir Cemerlang

Sit Up

Sit Up yaitu suatu gerakan yang sangat mengandalkan kekuatan otot perut. Ini bertujuan untuk memperkuat otot perut. Gerakan ini dilakukan dengan posisi tangan di belakang kepala. Pada saat posisi terlentang ke belakang kedua siku tangan harus menyentuh lantai. Dan pada saat bangun sebaiknya anda sampai mencium lutut.

Push Up

Push Up, yaitu gerakan naik turun yang memikiki tumpuan pada kedua tangan dan kaki. Untuk peserta laki-laki bertumpu pada ujung kaki, sedangkan wanita bertumpu pada lutut. Pada saat turun, sebaiknya badan tidak menyentuh tanah dan pada saat naik sebaiknya tangan kembali lurus.

Shuttle Run

Shuttle run adalah tes lari dengan membentuk pola angka 8 di antara 2 buah tiang berjarak 10 meter. Peserta harus berlari sebanyak tiga kali sampai kembali ke tempat start. Tes ini dilakukan untuk mengukur akselerasi dan kelincahan.

Renang

Keterampilan renang menjadi salah satu syarat tes masuk Akademi Kepolisian (Akpol). Para peserta tes dibebaskan untuk memilih gaya, dan penilaiannya dilakukan berdasarkan waktu yang dicapai peserta.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akpol. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akpol Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel