Inilah Pendidikan dan Jenjang Karir Anggota Polri yang Perlu Diketahui

Inilah Pendidikan dan Jenjang Karir Anggota Polri yang Perlu Diketahui

Bimbel Akpol – Menjadi Polisi memang menjadi impian banyak orang. Pasti banyak pemuda yang ingin menjadi penegak keadilan dan pelindung masyarakat dengan jenjang karir yang menjanjikan. Pada umumnya, pergerakan untuk bisa berkarir di Kepolisian Republik Indonesia terbagi menjadi 2 macam yakni sebagai berikut:

Bintara

Jika ingin menjadi seorang Bintara, jalurnya bisa dilakukan melalui Sekolah Polisi Negara atau SPN. Yang mana lama pendidikannya ialah sekitar 7 bulan. Kemudian, lulusannya akan ditempatkan dengan menggunakan sistem ‘local boy for local job’, yang berarti pemuda lokal untuk tugas lokal.

Misalnya apabila ada pemuda Jawa yang mendaftar sebagai Bintara di SPN, maka setelah lulus penempatan kerjanya tidak akan jauh dari Pulau Jawa. Kecuali, apabila mendadak ia diperlukan di luar kota, maka tentu saja harus siap.

Perwira

Sementara itu, jika ingin menjadi seorang Perwira, terdapat 2 jalur yang bisa diambil yakni jalur Umum langsung menjadi Perwira dan juga dari Bintara menjadi Perwira.

Jalur Umum menjadi Perwira

Jalur ini dapat ditempuh dengan mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian atau AKPOL yang lokasinya ada di Semarang, Jawa Tengah. Pendidikan di akademi ini bisa ditempuh sekitar 4 tahun, dan nantinya gelar yang akan didapatkan setara dengan D3. Untuk mendaftar di AKPOL bisa dari lulusan SMA, Bintara Junior, maupun lulusan Sarjana. Nantinya setelah berhasil lulus dari AKPOL, pangkat yang akan didapatkan ialah Ipda. Yang akan ditempatkan atau ditugaskan dalam bidang operasional ataupun administrasi.

Jalur Bintara menjadi Perwira

Jalur yang satu ini dapat ditempuh melalui 3 jalur pendidikan. Jalur pendidikan yang dapat diambil ialah Akademi Kepolisian (AKPOL), Sekolah Inspektur (SIP) dan juga Sekolah Ahli Golongan (SAG)

Jika ingin berkarir di kepolisian, mereka perlu masuk Diktuk atau Pendidikan Pembentukan, yang terbagi menjadi dua yakni AKPOL dan SPN. Diktuk bertujuan untuk membentuk karakter sipil ke arah semi militer.

Hal tersebut dibutuhkan sebab seorang anggota Polri memang diharuskan untuk selalu patuh dan juga taat pada peraturan, dan juga harus mampu untuk memahami hirarki pangkat Polri. Sehingga pada akhirnya bisa menjadi penegak hukum atau aturan yang baik untuk negara dan masyarakat.

Baca Juga: Ini Dia Latihan Fisik ala Militer yang Perlu Dicoba Sebelum Masuk Akmil

Akan ada banyak seleksi yang perlu dilalui sebelum nantinya peserta dilantik untuk menjadi seorang anggota Polri. Beberapa seleksi yang perlu dilalui, misalnya tes administrasi, tes kesehatan, psikologis, kesamaptaan dan juga potensi akademik.

Sementara itu, ketika sudah menjadi anggota Polri, ada tiga macam karir didalam organisasi Kepolisian Republik Indonesia, diantaranya ialah:

1. Promosi

Yakni dipindahkan ke jabatan ataupun pangkat yang lebih tinggi yang bisa terjadi karena prestasi.

2. Demosi

Yakni dipindahkan ke jabatan/pangkat yang lebih rendah karena adanya suatu kasus ataupun karena adanya masalah.

3. Mutasi atau Tour of Duty atau Tour of Area

Yakni anggota Polri yang dipindahtugaskan berbeda fungsi ataupun berbeda area/wilayah, tapi dengan jabatan maupun pangkat yang sama. Mutasi tersebut mempunyai tujuan didalam penyegaran petugas maupun anggota Polri di jabatan/pangkat ataupun di tempat yang baru.

Perlu diketahui jika pangkat terendah ialah Tamtama Polri, sementara itu untuk jajaran pangkat tertinggi ialah Perwira Tinggi. Setiap jajaran pangkat mempunyai jenjang karir yang berbeda-beda. Dan kenaikan pangkat dalam Polri tentu akan dilakukan sesuai dengan lama dinas, prestasi, jabatan ataupun pendidikannya.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akpol. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akpol Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel