Mengetahui Jenis dan Perbedaan Pendidikan Masuk Polisi

Mengetahui Jenis dan Perbedaan Pendidikan Masuk Polisi

Bimbel Akpol – Kepolisian Republik Indonesia telah membuka berbagai jalur masuk yang bisa dipilih untuk bisa menjadi anggota. Pada umumnya, jalur masuk yang disediakan oleh negara terbagi menjadi dua, yakni untuk lulusan SMA/sederajat dan juga untuk Sarjana. Tampak jelas jika keduanya mempunyai persyaratan pendidikan yang tidak sama, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan pun juga berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait dengan berbagai jalur masuk yang bisa diambil untuk bisa menjadi anggota Polri.

Jalur Masuk Polisi untuk Lulusan SMA/Sederajat

Kesempatan untuk masyarakat supaya bisa menempuh pendidikan polisi dengan mudah telah dibuka lebar oleh pemerintah. Terdapat 3 posisi yang dibuka untuk para lulusan SMA/sederajat yakni sebagai berikut.

Tamtama

Pendidikan pertama yang di tujuan untuk lulusan pendidikan SMA/sederajat yang dapat dijadikan pilihan ialah Tamtama. Pendidikan yang ditempuh untuk posisi tersebut ditempuh dengan waktu yang terbilang singkat yakni dalam waktu 5 bulan. Ada banyak hal yang akan dipelajari oleh peserta didik diantaranya, terkait dengan berbagai hal teknis misalnya Intelijen, Binmas, Reserse dan juga Kepolisian Lalu Lintas.

Pelaksanaan pendidikan Tamtama ialah di Sekolah Polisi Negara (SPN) yang telah tersebar di berbagai daerah. Lalu, setelah peserta selesai menempuh pendidikan tersebut, lulusannya akan menyandang pangkat Bhayangkara Dua (Bharada).

Bintara

Polri juga telah membuka pendidikan singkat lain selain Tamtama, yakni Bintara. Pendidikan akan ditempuh oleh peserta didik selama 7 bulan di Sekolah Polisi Negara (SPN). Pendidikan yang akan diperoleh Bintara hampir sama dengan Tamtama, yang mana fokusnya ada pada tenaga operasional dan juga fokus di teknis di lapangan.

Perbedaan antara Tamtama dan Bintara yang paling terlihat ada pada lama pendidikan. Disamping itu, lulusannya juga akan memperoleh pangkat yang berbeda. Yang mana Bintara akan mendapatkan gelat Brigadir Dua (Bripda).

Taruna AKPOL

Pilihan berikutnya untuk pendidikan kepolisian bisa ditempuh melalui Akademi Kepolisian atau yang disingkat dengan AKPOL. Jurusan ini berdeda dengan 2 jalur sebelumnya, yang mana pendidikan di AKPOL akan dilaksanakan dalam waktu yang cukup lama yakni 4 tahun. Taruna AKPOL memerlukan waktu panjang untuk dapat lulus sebab memang mereka dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin Polri nantinya.

Baca Juga: Tes Mental Ideologi, Tahapan untuk Bisa Menjadi Anggota TNI

Ketika Taruna AKPOL lulus nantinya bukan hanya memperoleh pangkat kepolisian, sebab mereka menempuh pendidikan dalam jangka waktu yang lama,. Sesuai dengan pendidikan yang dipeoleh, Taruna nantinya juga akan mendapatkan gelar akademis yakni Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IK.). Sementara itu, untuk pangkat kepolisiannya sendiri ialah Inspektur Polisi Dua atau Ipda.

Jalur Masuk Polisi Bagi Sarjana (SIPSS)

Selain untuk para lulusan SMA, Polri juga membuka kesempatan untuk para lulusan Sarjana supaya bisa menjadi anggota Polri. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana atau SIPSS merupakan jalur masuk Polisi yang bisa diambil untuk untuk lulusan Sarjana.

Pendidikan yang akan ditempuh membutuhkan waktu yang singkat yakni dalam waktu 6 bulan. Yang mana lulusannya akan mendapatkan pangkat yang setara dengan lulusan dari AKPOL yakni Inspektur Dua atau Ipda.

Lulusan dari AKPOL dan juga SIPSS sama-sama mempunyai gelar Sarjana dengan pangkat yang sama yakni Ipda. Walaupun demikian, pendidikan yang diberikan untuk keduanya mempunyai tujuan yang berbeda. Yang mana lulusan AKPOL akan diarahkan untuk menjadi pemimpin di kepolisian. Sementara itu, lulusan SIPSS akan dididik untuk menjadi tenaga ahli untuk bisa membantu tugas polisi.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akpol. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akpol Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel