Tahapan Seleksi Masuk Akmil dan Kiat Sukses Menghadapinya

Tahapan Seleksi Masuk Akmil dan Kiat Sukses Menghadapinya

Bimbel Akmil –  Kiat sukses Tes masuk Akademi Militer dalam hal ini bisa diartikan sebagai strategi cerdas yang bisa dilakukan dalam menghadapi tes masuk Akademi Militer. Dengan begitu calon peserta bukan hanya mampu memahami persyaratan serta mengetahui apa saja jenis tes yang akan diujikan, namun mereka juga harus cerdik dalam menyiapkan diri sebelum mengikuti tes.

Tes masuk Akademi Militer tentu saja akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, diantaranya Tes Administrasi, Tes Kesehatan, Tes Akademik, Tes Kesamaptaan Jasmani dan juga tes psikologi, serta akan ada  tes mental ideologi. Disamping itu, juga akan diadakan Pantukhir yakni Pemantauan Akhir yang bertujuan untuk menentukan calon yang akan lulus dalam Tes Akademi Militer.

Berikut beberapa tahapan-tahapan Tes AKMIL dan juga strategi cerdik yang perlu dilakukan untuk menghadapinya:

1. Tes Administrasi

Tes administrasi memang menjadi tes awal atau utama dalam semua tahapan seleksi ,termasuk seleksi masuk menjadi anggota Akademi Militer. Tes ini merupakan tahapan pemeriksaan kelengkapan serta kebenaran berkas yang diserahkan oleh calon peserta kepada petugas. Dalam tahapan ini akan dilakukan pemeriksa kelengkapan administrasi yang berpedoman pada persyaratan yang telah ditentukan di dalam pengumuman penerimaan anggota Akademi Militer.

Kesalahan maupun kekurangan yang mungkin ditemukan didalam berkas lamaran bisa menjadi penyebab tidak lolosnya calon peserta dalam Tes administrasi. Sehingga, tentu saja tidak bisa mengikuti tahapan tes berikutnya. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan berkas lamaran dengan lengkap dan benar.

2. Tes Kesamaptaan Jasmani

Anggota Akademi Militer tentu harus mempunyai kesamaptaan jasmani yang baik. Sebab anggota Akademi Militer pastu akan lebih banyak melakukan kegiatan atau tugas di lapangan. Tugas di lapangan itulah yang kemudiana menuntut kesehatan serta kesamaptaan badan yang prima.

Oleh sebab itu, tes ini dilakukan untuk bisa menentukan calon yang benar-benar sanggup untuk mengemban tugas serta tanggung jawabnya sebagai anggota dari Akademi Militer.  Supaya bisa lolos dalam tes kesamaptaan jasmani di AKMIL, maka sangat disarankan untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan olahraga.

Baca Juga: Jenis Tes Fisik untuk Calon Taruna Akpol dan Tips Menghadapinya

3. Tes Kesehatan

Pada umumnya tes kesehatan akan dilakukan melalui 2 tahap. Yang mana tahap pertama dilakukan khusus untuk pemeriksaan bagian luar tubuh, misalnya tinggi dan juga berat badan, postur, kulit, telinga, virginitas serta payudara (khusus wanita), varikokel sera hernia (khusus pria), amandel, ambeien, tangan, jemari, gigi, THT, mata,  alat reproduksi, dan lain sebagainya. Dalam tahap tahap ini calon peserta akan diperiksa oleh panitia khusus bidang kesehatan.

Tes kesehatan tahapan kedua ialah dilakukan pemeriksaan khusus bagian dalam tubuh yang meliputi tes urine, darah, dan juga Rontgen. Pemeriksaan urine pada umumnya dilakukan untuk mendeteksi penyakit ginjal atau kencing manis yang mungkin diderita.

Sedangkan pemeriksaan darah dilakukan untuk mengetahui normal atau tidaknya asam urat, kolesterol, HB, lemak darah, gula darah, Tri gliserol dan lain sebagainya Sedangkan pemeriksaan rontgen akan dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kelainan/penyakit paru-paru jantung dan juga masalah organ sekitarnya

Disamping itu, nantinya calon peserta juga akan menjalani pemeriksaan dengan EKG atau elektrokardiogram atau rekam jantung yang bertujuan untuk melihat atau mengetahui bagaimana kondisi jantung peserta.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akmil. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akmil Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel