Selain Perang, Ini Tugas TNI yang Perlu Diketahui

Selain Perang, Ini Tugas TNI yang Perlu Diketahui

Bimbel Akmil – TNI mempunyai tugas pokok untuk menegakkan kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa Indonesia dan juga mempertahankan keutuhan NKRI. Jika ditinjau dari konteks operasi, tugas pokok dari TNI terbagi menjadi 2 bentuk yaitu operasi militer selain perang (OMSP) dan operasi militer untuk perang (OMP).

Mengutip dari Lemhannas, OMP ialah segala bentuk pengerahan dan juga penggunaan kekuatan TNI yang digunakan untuk melawan kekuatan militer negara lain yang melakukan agresi pada Indonesia. Dan atau melawan konflik bersenjata dengan satu negara/lebih. Yang mana akan didahului dengan pernyataan perang yang dilakukan dengan tunduk pada hukum perang internasional.

Sedangkan, dalam konteks OMSP merujuk untuk pengerahan kekuatan TNI dalam melaksanakan operasi militer yang bukan dengan tujuan perang dengan negara lain, namun bertujuan untuk melaksanakan tugas-tugas nontempur. Misalnya melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan, penanggulangan karena bencana dan juga untuk melakukan kepentingan nasional lainnya.

Didalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 terkait dengan TNI dijelaskan jika ada 14 tugas pokok TNI didalam OMSP yaitu mengatasi pemberontakan bersenjata; mengatasi aksi terorisme dan juga mengatasi gerakan separatisme bersenjata.

Kemudian, TNI juga bisa dikerahkan dalam melakukan pengamanan wilayah perbatasan; melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai kebijakan politik luar negeri Indonesia dan juga mengamankan objek vital nasional yang sifatnya strategis.

Bukan hanya itu, tugas OMSP lainnya bagi TNI diantaranya ialah melakukan pengamanan untuk Presiden serta Wakil Presiden beserta keluarganya; dan juga memberdayakan wilayah pertahanan serta kekuatan pendukungnya secara dini sesuai sistem pertahanan semesta.

Lalu, tugas tugas TNI dalam OMSP lainnya ialah membantu kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menjadi keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur sesuai dengan undang-undang; membantu tugas pemerintahan di daerah; dan juga membantu mengamankan tamu negara. Tamu negara yang dimaksud dalam hal ini setingkat kepala dan juga perwakilan pemerintah asing yang tengah berada di Indonesia.

Sementara itu, tiga tugas OMSP TNI lainnya ialah membantu dalam menanggulangi karena bencana alam, pengungsian, dan juga melakukan pemberian bantuan kemanusiaan; membantu pemerintah didalam melakukan pengamanan pelayaran serta penerbangan terhadap pembajakan, penyelundupan dan perompakan, dan juga membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).

Baca Juga: Tips Jitu Meningkatkan Peluang Masuk AKPOL

Itulah beberapa tugas TNI yang tentu saja akan mengemban tanggung jawab yang besar dan memiliki tempat tersendiri di mata masyarakat dan negara. Tidak heran jika banyak yang ingin menjadi bagian dari anggota TNI.

Namun ada banyak hal yang harus dipersiapkan jika ingin masuk dunia militer. Fisik yang sehat dan kuat, postur tubuh gagah dan juga mental yang siap belum tentu bisa dijadikan sebagai jaminan terhadap keberhasilan seseorang didalam mengikuti tes masuk TNI maupun Polri . Peserta juga harus didukung dengan pengetahuan dasar yang baik, mulai dari kemampuan tes akademik , psikologi, dan juga kemampuan dalam berbahasa.

Jika Anda tidak ingin gugur didalam tes kemampuan jasmani, tentu Anda harus melakukan latihan jauh-jauh hari diantaranya dengan mengikuti latihan rutin seperti melakukan push up, sit up, pull up atau chinning up, lari 12 menit, shuttle run, dan juga berenang. Kegagalan yang terjadi dalam tes fisik, kemungkinan besar karena kurangnya dalam melakukan latihan. Kemudian, jika Anda ingin lolos dalam seleksi masuk TNI atau Polri, terdapat beberapa tahapan yang harus jalani diantaranya tahapan Administrasi, Jasmani, Kesehatan, Mental Ideologi, Psikologi, dan juga tahapan tes Akademik.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akmil. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akmil Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel