Mengenal Tes Psikologi Masuk TNI

Mengenal Tes Psikologi Masuk TNI

Bimbel Akmil – Bagi Anda yang bercita-cita menjadi anggota tentara nasional Indonesia (TNI), selain dibutuhkan fisik yang kuat dan sehat dan kecerdasan, mental yang sehat juga menjadi adalah satu hal yang perlu diperhatikan. Untuk bisa masuk ke TNI, terdapat beberapa jenis tes psikologi yang akan dilaksanakan yang bertujuan memastikan calon anggota TNI mempunyai kesehatan mental yang baik.

Jenis Tes Psikologi untuk Menjadi Anggota TNI

Kondisi atau keadaan mental yang sehat memang menjadi salah satu syarat untuk bisa menjadi bagian dari TNI. Tujuan dilaksanakannya pemeriksaan tersebut ialah untuk menentukan apakah seseorang yang mendaftar telah memenuhi syarat yang dibutuhkan. Selain dilaksanakan untuk menilai kesehatan mental, pemeriksaan tersebut juga dilakukan dalam menilai kepribadian, minat, sampai dengan sikap kerja dari para calon anggotanya.

Berikut  beberapa jenis tes psikologi ketika mendaftar ke TNI:

1. Tes Logika Aritmatika

Tes psikologi sebagai tahapan tes masuk TNI yang pertama berkaitan dengan logika aritmatika. Dalam pemeriksaan ini akan disajikan deretan angka untuk peserta. Tujuan dilakukannya pemeriksaan ini ialah untuk mengukur kemampuan dari seseorang terkait dengan analisis dan juga pemahaman yang berkaitan dengan pola, lalu membuat prediksi dari pola yang telah diberikan.

2. Logika Penalaran

Selain berkaitan dengan angka, tes psikologi yang dilaksanakan untuk masuk TNI juga berkaitan dengan penalaran. Dalam menghadapi logika penalaran tersebut, peserta diharuskan untuk mencari hubungan antara 2 bagian kata yang telah disediakan. Peserta akan diminta untuk menemukan kata yang berkaitan supaya bisa melengkapi bagian yang kosong. Tujuan dari tes tersebut ialah untuk mengukur kemampuan logika yang berkaitan dengan kondisi yang ada dan juga pemahaman terkait dengan sebab-akibat dari suatu masalah.

3. Wartegg Test

Tes psikologi lainnya yang akan dilaksanakan sebagai tahapan masuk TNI ialah Wartegg Test. Peserta nantinya akan dihadapkan dengan delapan kotak yang hadir dengan berbagai bentuk, misalnya garis, titik, kurva, dan yang lainnya. Calon anggota TNI akan diminta untuk melanjutkan bentuk tersebut supaya bisa menghasilkan sebuah gambar. Hasil dari pemeriksaan tersebut bertujuan untuk menilai emosi, kecerdasan, imajinasi, dan juga kreativitas  dari seseorang.

4. Army Alpha Intelegence Test

Pemeriksaan yang satu ini mengacu terhadap kombinasi deretan angka dan juga bentuk yang perlu ditemukan solusinya. Tujuan dilaksanakannya tes ini ialah untuk mengukur kemampuan daya tangkap dari calon peserta. Ini bertujuan supaya instruksi yang diberikan saat di akademi atau sudah menjadi TNI nanti bisa dimengerti dengan cepat dan tepat.

Baca Juga: Persiapan Sukses Seleksi Penerimaan Akpol

5. Edward Personal Preference Schedule (EPPS)

Tes yang satu ini bertujuan untuk melihat seberapa besar motivasi yang ada didalam diri para calon peserta. Pemeriksaan yang dilakukan melibatkan preferensi personal yang bertujuan menggambarkan cermin dari orang-orang yang sudah melaksanakan pemeriksaan ini.

6. Kraepelin atau Tes koran

Tes yang satu ini bertujuan untuk membantu melakukan penilaian daya tahan, kemauan, emosi, kecepatan, penyesuaian diri, sampai dengan stabilitas dalam diri seseorang. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan konsentrasi, stabilitas emosi yang baik, ketelitian, dan juga daya tahan tubuh yang prima.

7. Menggambar Pohon

Menggambar pohon juga menjadi salah satu tes psikologi yang biasa dilakukan. Peserta akan mendapatkan satu lembar kosong yang bisa digunakan untuk menggambarkan pohon sesuai keinginannya.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akmil. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akmil Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel