Mengenal Perbedaan Seragam Antara TNI AD, AL dan AU

Mengenal Perbedaan Seragam Antara TNI AD, AL dan AU

Bimbel Akmil – Seperti yang kita ketahui jika Tentara Nasional Indonesia atau yang disingkat dengan TNI mempunyai 3 divisi, yakni TNI AD, TNI AL dan juga TNI AU. Bagi yang ingin menjadi anggota TNI tentu dibutuhkan fisik yang kuat. Disamping itu, anggota TNI juga perlu mempunyai sikap yang tangkas, disiplin, berani dan juga cerdas. Dalam proses rekrutmen serta pendidikan di dalam TNI, tentu saja akan banyak tahapan tes yang perlu dilalui.

Mengenal Seragam TNI AD Lengkap

Seragam tentu saja menjadi salah satu bagian penting yang perlu diketahui, terutama bagi Anda yang memiliki cita – cita menjadi tentara. Sejak jaman perang dunia sendiri ada banyak desainer yang memberikan karyanya untuk kemiliteran.

Motif loreng memang menjadi seragam khas tentara Indonesia. Bukan hanya itu, seragam TNI AD juga akan dilengkapi dengan baret yang akan disesuaikan dengan berbagai perpaduan warna.

Sesuai dengan angkatannya, seragam TNI AD pada umumnya akan tersemat bintang di bagian bahu yang menjadi tanda jabatan di TNI masing-masing. Selain menggunakan tanda bintang pangkat tersebut, ada juga perangkat lain yang disematkan pada bagian dada tentara ini.

Mungkin di benak beberapa orang muncul pertanyaan mengapa memilih warna demikian untuk seragam tentara. Hal tersebut disebabkan perpaduan warna tersebut memang akan sangat cocok jika digunakan di hutan hutan di dunia.  Selain sebagai bentuk kamuflase dengan hutan, baju TNI AD ini juga tampak sangat gagah jika dikenakan oleh tentara militer Indonesia. Warna tersebut memang akan sangat cocok dan tepat jika digunakan dalam melakukan penyamaran.

Hal ini disebabkan warna hijau gelap akan memang terkesan lebih menyatu dengan alam. Itulah yang kemudian membuat pasukan tentara tidak akan terlihat oleh musuh dengan mudah. Meskipun demikian, seragam TNI AD di Indonesia ini bukan hanya berwarna hijau gelap saja.

Namun, ada beberapa warna lain yang perlu diketahui Sebab saat TNI ditugaskan di Lebanon misalnya, pasukan TNI AD akan menggunakan seragam yang warnanya sedikit berbeda dari biasanya. Karena saat bertugas di daerah tersebut, maka yang akan dikenakan ialah warna yang bisa beradaptasi dengan gurun. Seperti halnya warna coklat tua, coklat sampai dengan warna kuning. Pakaian tersebut juga pada umumnya dijadikan penentu urutan pangkat TNI AD.

Baca Juga: Sekolah Kedinasan di Indonesia yang Tidak Pernah Sepi Peminat

Mengenal Seragam TNI Angkatan Laut

TNI AL ini memiliki beberapa seragam, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Pakaian Dinas Upacara (PDU): Tenue yang digunakan saat pada upacara resmi dan kini PDU terdiri atas PDU I, II, III, dan IV.
  • Pakaian Dinas Harian (PDH): Tenue yang digunakan sehari-hari dalam lingkungan pekerjaan dan juga yang digunakan di tempat umum.
  • Pakaian Dinas Lapangan (PDL): Tenue yang dipakai ketika melakukan kegiatan lapangan.
  • PDH Khusus: Digunakan untuk kegiatan harian ketika melakukan dinas di luar negeri maupun di dalam negeri dalam kegiatan bersama dengan negara lain
  • Black Navy: Dipakai untuk kegiatan resmi ketika melakukan kunjungan ke luar negeri.

Seragam untuk TNI AU

Apabi;la Anda mengenal TNI Angkatan Darat yang identik dengan seragam berwarna hijau, maka Anda juga akan melihat perbedaan yang mencolok pada warna seragam yang digunakan oleh TNI AU. TNI AU menggunakan seragam berwarna biru loreng. Ada beberapa kategori seragam TNI AU, diantaranya ialah pakaian dinas yang digunakan untuk upacara, pakaian dinas lapangan (PDL), pakaian dinas harian yang dipakai untuk sehari hari,pakaian untuk drumband, sampai dengan pakaian untuk olahraga dan juga pesiar.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akmil. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akmil Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel