Mengenal Jenis-Jenis Seragam POLRI Sesuai Unit Kerjanya

Mengenal Jenis-Jenis Seragam POLRI Sesuai Unit Kerjanya

Bimbel Akpol – Tidak jarang masyarakat awam yang beranggapan jika seluruh personel POLRI bekerja dengan menggunakan seragam yang identik dengan warna coklat dengan topi berwarna putih. Padahal pada struktur organisasinya, polisi mempunyai beberapa unit serta satuan kerja dengan seragamnya masing-masing. Tentu saja langkah yang  paling mudah dalam membedakan satuan kerja polisi ialah dilihat dari seragamnya.

Berikut beberapa jenis seragam polisi beserta satuan kerjanya yang perlu Anda ketahui:

SABHARA

Sabhara merupakan singkatan dari Samapta Bhayangkara. Seperti yang kita ketahui jika fungsi pelayanan masyarakat menjadi fungsi dasar kepolisian yang menjadi fungsi yang ada di garis pelayanan paling depan. Berbagai pelayanan yang bisa diberikan oleh Sabhara diantaranya ialah Pengaturan jalan dan Pengamanan kegiatan masyarakat dan juga Pembuatan Laporan Polisi. Anggota Polri yang tengah mengemban fungsi tersebut disebut dengan Polisi Berseragam (Uniform police). Seragam tersebut menjadi seragam yang paling dikenal masyarakat yaitu seragam Sabhara PDLT yang dikenakan lengkap dengan baretnya.

BRIMOB

Brigade Mobil atau yang disingkat dengan Brimob merupakan kesatuan yang dikenal sebagai Korps Baret Biru didalam tubuh Kepolisian Negara Republik indonesia. Brimob menjadi pasukan khusus yang ada didalam jajaran institusi Polri, sebab kesatuan tersebut mempunyai lingkup tugas khusus yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan, menanggulangi situasi darurat dan juga menangani kejahatan yang berintensitas tinggi, yang memakai senjata api dan bahan peledak.

Disamping itu, kesatuan ini juga bergerak dalam Pertempuran Jarak Dekat (dalam kota), situasi pertolongan pada Bencana Alam (SAR), dan juga melaksanakan operasi yang memerlukan aksi yang cepat dan lain sebagainya. Dalam unit tersebut, seragam yang digunakan bukan hanya satu. Seragam cokelat dengan baret biru merupakan seragam harian Brimob (Brigade Mobil). Sedangkan seragam brimob warna hitam biasa dipakai untuk pergerakan malam hari dan juga antiteroris. Sementara itu, seragam loreng dipakai untuk acara besar dan juga operasi yang dilakukan di hutan. Untuk seragam kehijauan dipakai untuk pelatihan khusus di hutan.

POLAIR

Polair memiliki tugas dalam menyelenggarakan fungsi kepolisian perairan yakni mencakup patroli termasuk penanganan pertama pada tindak pidana dan juga pencarian serta penyelamatan kecelakaan  yang terjadi di wilayah perairan. kesatuan ini juga bertugas dalam melakukan pembinaan masyarakat pantai/perairan dan pembinaan fungsi kepolisian perairan didalam lingkungan polda. Berbeda dari seragam polisi yang pada umumnya dominan warna cokelat, polisi perairan memiliki seragam yang dominan dengan warna biru.

Baca Juga: Berikut 3 Jenis Pakaian Dinas Harian TNI Angkatan Darat

PROVOST

Kini Provost telah berganti nama menjadi PROPAM. Yang mana PROPAM sendiri merupakan salah satu wadah organisasi POLRI yang berbentuk Divisi yang bertanggung-jawab terhadap masalah pembinaan profesi dan juga pengamanan dalam lingkup internal organisasi POLRI. Seragam propam identik dengan ciri khas kopel putihnya.

POLISI SATLANTAS

Polisi dari satuan lalu-lintas memang menjadi polisi yang paling akrab dengan masyarakat. Sebab memang tugasnya sebagai pengatur lalu-lintas. Sehingga memang sangat mudah untuk menemukannya. Polisi lalu lintas tugasnya ialah menyelenggarakan serta membina fungsi Lalu Lintas Kepolisian diantaranya melakukan pengaturan, pengawalan, penjagaan, patroli, registrasi serta identifikasi pengemudi/ kendaraan bermotor, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas, penyidikan kecelakaan lalu lintas dan lain sebagainya. Ciri khas dari segaram yang digunakan ialah kopel putih, tali kur putih serta menggunakan penutup kepala putih.

POLISI PARIWISATA

Polisi Pariwisata berperan  sangat penting dalam melakukan  pengamanan wisatawan, memberikan pelayanan dan juga kenyamanan baik itu untuk perjalanan wisata ataupun di obyek wisatanya. Seragam polisi pariwisata yang digunakan ialah seragam cokelat dengan les dan dasi merah.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akpol. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akpol Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel