Ingin Masuk TNI? Ketahui Secara Pasti Apa Saja Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia

Ingin Masuk TNI? Ketahui Secara Pasti Apa Saja Pasukan Khusus Tentara Nasional Indonesia

Bimbel TNI – Diketahui bahwa tentara aktif Indonesia dikatakan mempunyai jumlah sebanyak 395.500 personil pada tahun 2020. Tidak heran ada begitu banyak jumlah pasukan karena memang tugas tentara sangatlah penting. Bahkan juga tidak jarang ada begitu banyak siswa yang baru saja lulus dari sekolah menengah dan ingin melanjutkan pendidikan untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia.

Tentu saja persiapan untuk masuk TNI ini juga tidak main-main, Anda perlu mempersiapkan sebaik mungkin supaya bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan. Maka, salah satu solusinya adalah dengan mengikuti bimbel TNI yang bisa mendukung kinerja persiapan ujian masuk Anda.

Perlu diketahui bahwa Tentara Nasional Indonesia dengan jumlah sebanyak itu, pada saat ini berada pada kedudukan ke-8 di Asia dengan personil terbanyak. Pastinya anda sudah tahu bahwa tentara yang ada di Indonesia pada saat ini dibagi menjadi tiga golongan, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Lalu, Terdapat personil terbaik lagi yang akan masuk ke dalam pasukan khusus yang bekerja untuk operasi militer maupun operasi non militer. Hal seperti ini tentunya memiliki tujuan, yakni agar bisa mempertahankan keutuhan dan kesatuan NKRI. Sehingga untuk lebih jelasnya, Berikut ini adalah berbagai bagian dari pasukan khusus yang ada di TNI.

Kopassus atau Komando Pasukan Khusus

Komando Pasukan Khusus atau yang seringkali disebut dengan Kopassus ini merupakan bagian dari satuan pasukan TNI AD. Kopassus ini mempunyai kemampuan bergerak cepat pada medan pertempuran, pengintaian, anti teror, dan juga menembak dengan tepat. Kopassus juga seringkali dikenal sebagai satuan baret warna merah, yang mana pertama kali dibentuk pada tahun 1962 tanggal 16 april. Dalam sejarahnya sendiri telah begitu banyak terlibat dalam operasi militer, seperti operasi militer Trikora operasi militer Permesta, operasi militer Dwikora, DI/TII, bahkan hingga Penumpasan G30S PKI.

Kopaska atau Komando Pasukan Katak

Kopaska atau Komando Pasukan Katak dibentuk pada 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno agar bisa membantu untuk menyelesaikan permasalahan di Irian Jaya, Kopassus ini merupakan satuan pasukan khusus yang berada di bawah TNI AL. Kopaska ini merupakan pasukan yang bertugas untuk operasi rahasia seperti operasi khusus dan Operasi Amfibi, serta berbagai dukungan lainnya untuk memperlancar operasi TNI Angkatan Laut. Kopaska juga mempunyai baret berwarna merah.

Baca Juga: Perbedaan, Prospek, dan Pertimbangan Memilih Antara Kuliah dan Sekolah Kedinasan

Denjaka atau Detasemen Jala Mangkara

Dibentuk pada tanggal 13 November tahun 84 atas instruksi Panglima TNI, Denjaka ini adalah pasukan khusus dari TNI AL yang juga termasuk satuan yang dikhususkan untuk operasi anti teror. Pada awalnya, Denjaka diberi nama pasukan khusus AL atau Pasusla, yang bertujuan untuk melakukan penanggulangan terhadap berbagai bentuk ancaman di daerah perairan di Indonesia.

Kopasgat atau Komando Pasukan Gerak Cepat

Pasukan khusus ini berada di bawah TNI AU dengan korps baret jingga. Walaupun menjadi bagian dari TNI AU, pasukan khusus gerak cepat ini mempunyai kualifikasi satuan tempur dengan tiga keahlian yaitu udara, laut, dan darat.

YonTaifib atau Batalyon Intai Amfibi

YonTaifib dibentuk pada 13 Maret 1961 bertujuan untuk mengintai darat dan bertugas pada operasi khusus dalam rangka operasi pendaratan amfibi. Pasukan ini merupakan satuan elit khusus yang yang dimiliki oleh korps marinir dan mempunyai Kemampuan yang spesifik untuk pengintaian amfibi dan pengintaian khusus. Tentunya pasukan atau Batalyon Intai ini wajib memenuhi kualifikasi secara penuh.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, bimbel TNI. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel TNI Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel