Syarat Fisik Masuk TNI dan Latihan yang Perlu Dilakukan

Syarat Fisik Masuk TNI dan Latihan yang Perlu Dilakukan

Bimbel TNI – Latihan fisik serta menjaga pola hidup sehat memang menjadi hal sangat penting dalam kehidupan, terutama bagi Anda yang ingin menjadi TNI. Syarat fisik supaya bisa TNI menjadi hal yang harus dipenuhi saat Anda akan melakukan pendaftaran. TNI sendiri merupakan salah satu profesi yang diidamkan oleh banyak orang. Tentu saja menjadi prajurit TNI bukan menjadi hal yang mudah sebab proses seleksi yang dilakukan membutuhkan waktu yang lama.

Selain memperhatikan berbagai syarat administrasi yang dibutuhkan, peserta juga perlu memenuhi syarat fisik masuk TNI. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bisa lolos dengan lebih mudah asalkan bisa melakukan persiapan dengan benar dan teliti. Lalu, apa saja syarat fisik yang perlu dipersiapkan supaya bisa masuk TNI?

Supaya bisa bergabung dengan prajurit TNI, tentu saja sebelumnya peserta harus dinyatakan lulus dari beragam pemeriksaan salah satunya ialah pemeriksaan kesehatan.

Tujuan dilakukannya tes tersebut ialah untuk mengetahui kondisi tubuh serta kesehatan secara menyeluruh. Oleh sebab itu, jenis tes tersebut dilakukan melalui banyak rangkaian serta dilakukan oleh ahli yang telah ditunjuk oleh penyelenggara tes.

Berikut beberapa syarat fisik dan kesehatan masuk TNI yang perlu Anda perhatikan:

Tinggi Badan

Tinggi badan menjadi syarat fisik masuk TNI yang paling utama. Tinggi badan minimal yang perlu dicapai ialah 163 cm untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan ialah 157 cm. Ukuran tinggi badan menjadi ukuran minimal supaya peserta bisa lolos seleksi fisik.

Berat Badan

Syarat berikutnya berkaitan dengan berat badan. Penilaian postur tubuh tersebut dilakukan untuk memperoleh prajurit TNI dengan berat badan ideal dan juga kualitas tubuh yang baik, kekuatan fisik, serta memiliki mobilitas yang tinggi. Supaya bisa mengetahui berat badan ideal maka Anda dapat menghitungnya dengan menggunakan kalkulator indeks massa tubuh. Perhitungan tersebut akan menunjukkan berat badan ideal seseorang.

Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi memang menjadi aspek yang sangat penting dalam penilaian menjadi prajurit TNI. Kesehatan gigi yang baik tentu saja bisa membantu dalam mencegah keadaan darurat gigi. Sedangkan kesehatan gigi yang buruk misalnya terjadinya gigi berlubang bisa berpengaruh terhadap kemampuan mengunyah. Hal tersebut tentu saja berakibat pada terganggunya peserta dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan.

Kesehatan Mata

Salah satu syarat fisik yang harus dimiliki supaya bisa masuk TNI ialah kondisi kesehatan yang baik dan tidak mengalami gangguan mata seperti mata minus atau yang lainnya.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Masuk Sekolah Kedinasan

Terdapat beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan untuk menghadapi tes fisik seleksi masuk TNI, diantaranya:

1. Lari

Lari menjadi salah satu tes fisik masuk TNI. Tes tersebut dilakukan untuk menguji daya tahan otot, pernafasan, jantung dan juga peredaran darah.

2. Pull Up (Pria) dan Chinning (Wanita)

Untuk peserta pria melakukan pull up. Sedangkan untuk peserta wanita diminta untuk melakukan chinning.

3. Sit Up

Sit up merupakan gerakan duduk kemudian bangun. Latihan sit up dilakukan supaya memperkuat otot perut.

4. Push Up

Saat peserta mengikuti tes fisik tersebut, hanya gerakan sempurna sajalah yang akan dihitung. Untuk peserta laki-laki setidaknya dilakukan 35 kali dan untuk wanita sebanyak 30 kali.

5. Shuttle Run

Shuttle run merupakan gerakan lari yang dilakukan dengan membentuk angka 8 di antara 2 buah tiang.

6. Berenang

Tes fisik masuk TNI berikutnya ialah berenang. Peserta akan diminta berenang dengan jarak 50 meter di kolam renang yang telah di sediakan.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel TNI. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel TNI Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel