Tips Sukses Seleksi SPCP IPDN

Tips Sukses Seleksi SPCP IPDN

Bimbel IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau yang disingkat dengan IPDN merupakan sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan yang ada di dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Tujuan dari sekolah kedinasan ini ialah untuk mempersiapkan kader pemerintah, baik itu di tingkat daerah ataupun di tingkat pusat.

Bagi para siswa-siswi yang telah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, tentu saja hal ini menjadi kesempatan yang besar bagi Anda untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur SIpil Negara (ASN) melalui Sekolah Kedinasan.

Bagi Anda yang ingin menjadi calon praja IPDN, maka Anda perlu melakukan persiapan yang baik dan maksimal untuk bisa menghadapi persaingan yang ketat. Sebelum pendaftaran dibuka secara resmi maka lebih baik Anda mempelajari dan juga memahami tata cara pendaftarannya.

Persyaratan Umum IPDN  diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia.
  2. Tinggi badan untuk laki – laki minimal 160 cm sedangkan untuk wanita minimal 155 cm.
  3. Minimal usia peserta seleksi 16 tahun dan usia maksimal 21 tahun ketika dilakukan pembukaan pendidikan.

Sedangkan untuk persyaratan Khusus IPDN diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Tidak sedang menjalani ataupun terancam hukuman pidana sebab telah melakukan kejahatan;
  2. Bagi peserta pria tidak bertindik maupun memiliki bekas tindik pada bagian telinganya ataupun pada anggota badan lainnya kecuali jika hal tersebut disebabkan karena ketentuan agama maupun ketentuan adat;
  3. Tidak bertato atau memiliki bekas tato;
  4. Tidak memakai kacamata/lensa kontak;
  5. Belum pernah menikah/kawin, belum pernah hamil/melahirkan (untuk wanita); dan masih banyak lagi syarat lain yang harus dipenuhi.

Tips Lulus IPDN 2023

Selain memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus, tentu saja ada beberapa tahapan tes atau seleksi yang harus dilalui. Berikut terdapat beberapa tips yang perlu Anda persiapkan sebelum mengikuti seleksi di sekolah ikatan dinas tersebut:

1. Mempersiapkan berkas administrasi yang dibutuhkan

Dalam tahapan awal seleksi, peserta  akan diminta untuk mengumpulkan beberapa berkas yang kemudian nantinya akan di verifikasi kebenaran dari berkas-berkas tersebut. Berkas tersebut dipakai untuk menyortir calon peserta yang layak untuk maju ke proses selanjutnya. Oleh sebab itu, pastikan segala dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut untuk Memilih Les Kedinasan Terpercaya

2. Belajar lebih rajin

Tentu saja Anda harus memiliki bekal ilmu sebagai pegangan. Sebab terdapat banyak rentetan seleksi yang akan dilalui, diantaranya Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Bidang (TKB), dan psikotes, Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan juga tes wawancara. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk belajar dengan lebih giat.

3. Siapkan mental

Jangan lupa untuk selalu menjadi kondisi mental. Jangan stres dikarenakan kondisi mental akan memberikan pengaruh saat Anda mengikuti setiap tahapan seleksi. Apabila kondisi mental baik, hasilnya juga pasti bisa lebih baik.

4. Jaga kesehatan

Kesehatan tubuh memang menjadi faktor utama yang sangat penting ketika Anda akan mengikuti tahapan seleksi masuk IPDN atau sekolah kedinasan lainnya. Apalagi dengan adanya tes fisik serta juga kesehatan. Oleh sebab itu, sebelum Anda mengikuti tes kesehatan, pastikan jika kondisi tubuh dalam keadaan yang benar-benar fit. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan diri secara keseluruhan sebelum mengikuti tes.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel IPDN. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel IPDN Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel