Mengenal Tugas dan Peran TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP)

Mengenal Tugas dan Peran TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP)

Bimbel TNI akan membantu anda untuk mempersiapkan seleksi masuk tentara dengan baik. Karena bimbingan belajar ini bisa secara maksimal mempersiapkan seluruh materi yang akan dipelajari saat proses persiapan belajar untuk ujian masuk. Tentara Nasional Indonesia mempunyai tugas pokok untuk mempertahankan keutuhan negara Republik Indonesia, menegakkan kedaulatan negara, dan melindungi seluruh rakyat dan bangsa Indonesia.

Tugas pokok Tentara Nasional Indonesia dalam konteks operasi ini dapat dibagi menjadi dua pilihan, yaitu operasi militer selain perang atau yang seringkali disebut dengan OMSP dan operasi militer untuk perang atau OMP.

Operasi militer untuk perang adalah berbagai bentuk penggunaan dan pengerahan seluruh kekuatan tentara nasional Indonesia, yang bertujuan untuk memberikan perlawanan kekuatan militer negara lainnya yang menerapkan agresi pada Indonesia.Selain itu juga merupakan bentuk pengerahan dalam konflik bersenjata, baik dengan satu negara maupun lebih, yang didahului dengan sebuah pernyataan perang dan taat pada hukum perang internasional.

Sedangkan, untuk konteks operasi militer selain perang (OMSP) yang mana merupakan pengerahan yang merujuk pada kekuatan tentara Indonesia untuk melakukan operasi militer yang mana tujuannya bukan untuk Perang dengan negara lain.

Namun, dikerahkan untuk melakukan berbagai tugas non tempur, mulai dari penanggulangan karena bencana alam, tugas-tugas kemanusiaan, dan untuk berbagai kepentingan negara lainnya. Dalam undang-undang No. 34 Tahun 2004, mengenai Tentara Nasional Indonesia ditegaskan bahwa ada 14 tugas pokok antara dalam operasi militer selain perang, yaitu mengatasi pemberontakan bersenjata, mengatasi Axis terorisme, dan mengatasi gerakan separatisme bersenjata.

Kemudian, tentara juga bisa dikerahkan untuk memberikan pengamanan pada daerah perbatasan, melakukan tugas perdamaian dunia yang sesuai dengan regulasi politik luar negeri Indonesia, dan memberikan pengamanan pada objek vital nasional yang sifatnya strategis.

Bukan hanya itu saja, tetapi tugas operasi militer selain perang lainnya untuk tentara, juga termasuk memberikan pengamanan untuk presiden maupun wakil presiden serta keluarganya. Memberdayakan kekuatan dan pertahanan pendukungnya sejak awal sesuai dengan sistem pertahanan semesta juga merupakan tugas dari TNI dalam konteks OMSP.

Baca Juga: Menjelajahi Peluang pada Berbagai Sekolah Kedinasan yang Lulusannya Bisa Langsung Kerja

Ternyata, Tentara Nasional Indonesia juga memiliki tanggung jawab untuk membantu tugas pemerintahan pada wilayah daerah setempat, membantu untuk mengamankan tamu negara yang setingkat dengan kepala dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berurusan di Indonesia, serta membantu Kepolisian NKRI sebagai upaya untuk menertibkan dan mengamankan masyarakat yang telah diatur dalam Undang-Undang.

Tidak selesai di situ saja, tetapi terdapat tiga tugas lainnya dari TNI dalam konteks operasi militer selain perang, yaitu membantu pertolongan dan pencarian dalam kecelakaan, membantu pemerintah untuk mengamankan penerbangan dan pelayaran terhadap perombakan, penyelundupan, dan pembajakan, serta memberikan bantuan kemanusiaan seperti halnya membantu menanggulangi akibat bencana alam serta pengungsiannya. Jika dikenali dan dipahami lebih dalam memang tugas dari Tentara Nasional Indonesia ini sangatlah penting untuk keamanan segenap bangsa Indonesia.

Mungkin inilah juga yang menjadi alasan mengapa banyak para lulus yang ingin mendaftar menjadi tentara, yang mungkin saja di sisi lain karena setelah pendidikan bisa langsung bekerja. Tetapi, tugas dari TNI ini merupakan tugas yang sangat mulia. Untuk Anda yang ingin ikut seleksi masuk TNI, maka akan lebih baik apabila anda mempersiapkan diri sedini mungkin misalnya dengan mengikuti bimbel TNI yang terpercaya. Karena bimbingan belajar seperti ini bisa membantu persiapan Anda semakin maksimal.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, bimbel TNI. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel TNI Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel