Fakta Penting dan Menarik yang Tidak Boleh Dilewatkan Seputar IPDN

Fakta Penting dan Menarik yang Tidak Boleh Dilewatkan Seputar IPDN

Bimbel IPDN – Apakah Anda pada saat ini adalah orang yang ingin mendaftar sebagai Calon Taruna IPDN? Maka sangat penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam pendaftaran maupun ketika mengikuti ujian seleksi IPDN. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan mengikuti bimbel IPDN untuk menunjang persiapan akademik dengan baik.

Persiapan akademik harus dipersiapkan Sejak jauh-jauh hari, supaya Anda bisa menguasai berbagai materi yang nantinya akan diujikan. Sebelum masuk IPDN, pastinya sangat penting bagi anda mengetahui berbagai fakta penting maupun fakta yang menarik mengenai IPDN. Ulasan Berikut ini akan membahas mengenai berbagai fakta dari sekolah kedinasan tersebut.

Fakta IPDN

IPDN atau Institut pemerintahan dalam negeri adalah sebuah lembaga sekolah kedinasan yang menjadi tujuan terfavorit untuk lulusan SMA maupun SMK. Hal tersebut alasannya adalah karena masa depan yang terjamin dan tidak ada biaya untuk perkuliahannya, menjadikan hal tersebut diidamkan oleh banyak orang. Bahkan bukan hanya siswa lulusan SMA saja yang memimpikannya, tetapi para orang tua juga tidak jarang menginginkan anak-anaknya untuk masuk IPDN. Ada berbagai hal yang penting dan menarik seputar fakta Institut pertahanan dalam negeri, yang ternyata merupakan gabungan dari  Institut Ilmu pemerintahan (IIP) dan STPDN.

Warisan Kolonial

Perlu diketahui bahwa pramuka saja di Indonesia pastinya tidak lepas dari peran pemerintahan ketika zaman dahulu. Yang mana pada tahun 1920 pada masa Hindia Belanda membentuk Akademi pamong praja pertama yang bernama OSVIA atau Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren dan MOSVIA atau Middlebare Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren. Tujuan dibentuknya sekolah Pendidikan Pamong Praja tersebut, yakni supaya bisa menghasilkan lulusan yang dapat berguna untuk memperkuat penyelenggaraan dalam pemerintahan Hindia Belanda.

Pada era pemerintahan Hindia Belanda, penyelenggaraan pemerintahan pada saat itu dibedakan menjadi dua, yakni pemerintahan yang dipimpin oleh kaum keturunan Belanda melalui IBC atau  Inlands Bestuur Corps dan pemerintah yang dipimpin oleh kaum pribumi melalui BBC atau Binnenlands Bestuur Corps. Sistem pendidikan dari sekolah pramuka aja pada saat itu, lalu masih dipergunakan hingga Indonesia telah mendapatkan kemerdekaannya dan sistem tersebut.

Baca Juga: Peluang Karir dan Persiapan Masuk Poltekim dan Poltekip untuk Calon Taruna/Taruni

Masuk IPDN Masa Depan Terjamin

Pasti tidak jarang para lulusan SMA dan SMK maupun sederajat memiliki mimpi untuk masuk pada IPDN karena peserta didik tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pendidikan. Pasti semua orang sudah tahu bahwa sekolah kedinasan ini merupakan perguruan yang mendapatkan dana dari pemerintah atau negara, sehingga semua biaya Kuliahnya gratis, bahkan hingga berbagai keperluan perlengkapan telah berikan dananya oleh pemerintah. Di sisi lain, Taruna maupun taruni yang menempuh pendidikan sekolah, dan berstatus sebagai Praja dari Institut pertahanan dalam negeri juga akan memperoleh uang saku.

Nantinya, lulusan dari IPDN ini, akan ditempatkan pada berbagai instansi pemerintahan daerah maupun Pusat, dengan beberapa tingkatan karir, mulai dari staf bahkan apabila memang memiliki kompetensi yang tinggi bisa saja menjadi gubernur.

Selain Mengetahui berbagai fakta dari sekolah kedinasan yang satu ini apabila memang ingin memasukinya, maka juga tidak kalah penting untuk mengetahui secara pasti seperti apa syarat untuk masuk IPDN. Jangan sampai Anda lalai terhadap berbagai informasi dan pengumuman yang diberikan dari pihak resmi IPDN. Selalu tingkatkan kemampuan Anda secara akademik dengan mengikuti bimbel IPDN, serta jaga fisik dan mental selalu untuk mempersiapkan secara keseluruhannya.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, bimbel IPDN. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel IPDN Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel