Ini Syarat Kenaikan Pangkat TNI Angkatan Darat

Ini Syarat Kenaikan Pangkat TNI Angkatan Darat

Bimbel TNI – Kenaikan pangkat tentu saja menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk seorang prajurit TNI. Hal tersebut dikarenakan kenaikan pangkat TNI bukan menjadi hal yang mudah untuk diraih, tidak terkecuali untuk TNI Angkatan Darat (TNI-AD). Setidaknya para prajurit TNI yang bisa naik pangkat harus mampu memenuhi beberapa persyaratan serta kriteria misalnya lolos dalam beberapa tes.

Di dalam TNI-AD serta dalam angkatan lainnya, ada tiga jenis kenaikan pangkat yakni reguler, penghargaan, dan juga luar biasa.

Syarat Kenaikan Pangkat Reguler

Untuk kenaikan pangkat reguler, syarat-syarat yang perlu dipenuhi diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Perwira yang bersangkutan telah berhasil dalam menduduki jabatan penuh dengan baik dan sesuai baik itu secara struktural serta fungsional.
  2. Pada masa penilaian yang dilakukan dalam waktu 6 bulan, perwira berkelakuan baik dalam jabatannya, tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma yang menyebabkan kenaikan ditunda. Selain itu, yang bersangkutan juga tidak memperoleh sanksi administratif maupun kasus yang masih bermasalah. Tapi, untuk pati (perwira tinggi), tidak berlaku ketentuan tersebut.
  3. Mampu memenuhi persyaratan kelengkapan administrasi yang diperlukan. Untuk kenaikan pangkat ke Kolonel, ada kelengkapan administrasi tambahan yang harus dipenuhi dan juga berita acara terkait dengan serah terima jabatan.
  4. Memenuhi persyaratan lainnya yang sudah ditentukan oleh organisasi.
  5. Memenuhi norma waktu untuk kenaikan pangkat yang telah ditentukan sesuai Masa Dinas Dalam Pangkat (MDDP) dan Masa Dinas Perwira (MDP) minimal 2 tahun untuk Prajurit Karier dan juga Prajurit Sukarela Dinas Pendek. Sedangkan untuk Perwira dengan jabatan lain berlaku ketentuan yang berbeda.

Syarat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Kenaikan pangkat luar biasa merupakan jenis kenaikan yang diberikan untuk prajurit TNI-AD ataupun untuk angkatan lainnya yang telah melakukan tugas dengan pertaruhan jiwa ataupun raga. Dengan kata lain lain, syarat untuk bisa memperoleh kenaikan pangkat luar biasa ialah  mereka yang berjasa didalam melaksanakan tugas kepahlawanan dengan tidak memedulikan keselamatan untuk kepentingan bangsa.

Syarat Kenaikan Pangkat Penghargaan

Jenis kenaikan ini pada umumnya akan diberikan untuk prajurit TNI yang mendekati masa pensiun, dengan syarat diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Akan diberhentikan secara hormat sebab sudah mencapai batas waktu pensiun.
  2. Telah memenuhi Masa Dinas Perwira (MDP) sesuai persyaratan dalam kenaikan pangkat reguler.
  3. Telah melaksanakan pengabdian selama masa jabatan berlangsung tanpa terputus dan juga telah memiliki dedikasi yang tinggi.
  4. Telah mempunyai bintang angkatan dan juga penghargaan yang setingkat selama masa pengabdian.
  5. Selama masa pengabdian tidak pernah tersandung atau terlibat oleh kasus hukum ataupun didisiplinkan.

Baca Juga: 10 Sekolah Kedinasan Indonesia yang Lulusannya Bisa Langsung Kerja

Kenaikan pangkat menjadi bentuk penghargaan yang diberikan atas dedikasi, kesetiaan, dan juga pengabdiannya didalam melakukan tugas sebagai seorang prajurit TNI-AD. Proses yang dilakukan tersebut menunjukkan komitmen TNI untuk memelihara profesionalisme serta keberanian para prajurit didalam menjaga kedaulatan dan juga keutuhan negara. Kenaikan pangkat juga bisa memberikan motivasi untuk prajurit supaya terus mengembangkan diri serta memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Kenaikan pangkat untuk TNI-AD memang bukan menjadi hal yang mudah serta membutuhkan ketahanan dan juga rasa pengabdian tinggi terhadap organisasi dan juga bangsa. Namun, tentu saja setiap prajurit TNI memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkannya.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel TNI. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel TNI Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel