Ketahui Apa Saja Jurusan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri dan Persiapan Masuknya

Ketahui Apa Saja Jurusan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri dan Persiapan Masuknya

Bimbel IPDN – Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau yang disingkat dengan IPDN merupakan salah satu sekolah ikatan dinas yang ada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Ini merupakan kedinasan yang menjadi favorit untuk para lulusan SMA sederajat. Mengapa demikian? Salah satu faktornya ialah karena prospek kerja yang ditawarkan setelah peserta didik lulus dari sekolah ikatan dinas IPDN.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi yang bergerak khusus dalam bidang kepamongprajaan oleh pemerintah. Sistem pendidikan di sekolah tersebut menerapkan pola Jarlatsuh (pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan) yang mana tujuannya ialah meluluskan kader-kader pemerintahan.

Oleh sebab itu, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kampus yang dijadikan sebagai penunjang kegiatan mahasiswa IPDN atau yang disebut dengan Praja. Bahkan kini sistem pendidikan IPDN telah didukung dengan Teknologi Informasi, sehingga akan sangat layak jika disebut dengan smart campus.

Lokasi kampus utama IPDN ada di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Namun, kegiatan akademik yang dilakukan oleh berbagai jurusan di IPDN juga dilaksanakan di kampus-kampus IPDN yang lain, yang lokasinya ada di Jakarta, Kalimantan Barat, Sumatra Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua dan Nusa Tenggara Barat.

Lantas sebenarnya apa saja jurusan yang bisa dipilih di IPDN? Berikut ulasannya:

1. Politik Pemerintahan

Berlokasi di Jatinangor, Fakultas Politik Pemerintahan merupakan fakultas yang mendalami bidang politik, kebijakan pemerintahan dan juga pembangunan serta pemberdayaan masyarakat. FPP sendiri menaungi 3 Program Sarjana Terapan, yakni  Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat (Baik), Studi Kebijakan Publik (Baik) dan Politik Indonesia Terapan (Baik).

2. Manajemen Pemerintahan

Lapangan pekerjaan IPDN yang berasal dari Fakultas Manajemen Pemerintahan meliputi beberapa sektor pemerintahan. Fakultas yang satu ini memang unggul dalam ilmu pemerintahan. Terdapat 4 jurusan IPDN di FMP yakni Administrasi Pemerintahan Daerah, Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik, Keuangan Publik dan Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintah.

3. Perlindungan Masyarakat

Fakultas Perlindungan Masyarakat menaungi tiga prodi IPDN yakni Praktek Perpolisian Tata Pamong, Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Les Masuk Sekolah Kedinasan

Apakah sekarang Anda sudah memutuskan untuk mengambil jurusan apa? Lantas apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan supaya bisa lolos seleksi masuk IPDN? Berikut beberapa tips sukses lulus seleksi masuk sekolah kedinasan IPDN yang perlu Anda ketahui:

1. Mempersiapkan Berkas Pendaftaran

Dalam tahap pendaftaran, tentu saja calon peserta harus melengkapi segala persyaratan pendaftaran, yang pada umumnya meliputi persyaratan umum, khusus, serta persyaratan administrasi. Sebelum Anda melakukan pendaftaran, cek terlebih dahulu berkas persyaratan yang dibutuhkan. Hal tersebut menjadi hal yang penting untuk dilakukan sebab seleksi administrasi menjadi tahapan seleksi awal dari semua tahapan tes masuk IPDN.

2. Tahap Pendaftaran

Setelah Anda memastikan semua dokumen lengkap, maka Anda bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan waktu yang ditentukan.

3. Mengetahui Mekanisme Seleksi

Sebelum Anda melakukan pendaftaran, Anda juga perlu mengetahui setidaknya terdapat 6 kompetensi yang dibutuhkan yakni :

  • Mempunyai dasar pengetahuan serta keterampilan yang baik.
  • Memiliki kemampuan psikologis diri yang dapat berkembang secara potensial.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif
  • Memiliki Integritas serta kejujuran diri yang terpercaya,
  • Kesehatan diri yang prima,
  • Siap untuk bekerja dan ditempatkan seluruh wilayah Indonesia.

4. Mempelajari Materi/Tahapan Seleksi

Pada proses seleksi, IPDN menggunakan sistem gugur. Oleh sebab itu, peserta yang mampu melewati semua rangkaian seleksi, maka akan dipastikan lulus seleksi IPDN. Sehingga penguasaan materi sangat diperlukan.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel IPDN. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel IPDN Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel