Tips Menghadapi Tes Wawancara TNI

Tips Menghadapi Tes Wawancara TNI

Bimbel Akmil – Tes wawancara TNI memiliki kesamaan dengan tes mental ideologi lisan sebab keduanya sama-sama dilaksanakan secara lisan. Dalam bentuk tanya jawab penguji akan mengajukan pertanyaan yang mana peserta harus langsung menjawab, itulah mengapa tes wawancara sering dilaksanakan bersama dengan tes mental ideologi lisan. Tidak sedikit calon peserta yang gagal dalam tahapan ini. Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan yang baik dan matang supaya bisa menghadapi tes wawancara dengan baik.

Berikut beberapa tips menghadapi tes wawancara Polri/TNI yang perlu Anda perhatikan:

Berdoa Sebelum Tes Wawancara

Dalam mengawali apapun termasuk tes wawancara, sangat dianjurkan untuk perbanyak berdoa supaya nantinya bisa dilancarkan selama tes wawancara. Berdoa bisa membuat pikiran lebih tenang dan juga bisa menghilangkan kecemasan yang berlebih.

Masuk ke Ruang Wawancara dengan Sikap yang Tenang

Usahakan untuk masuk ruang wawancara dengan tenang dan tidak grogi atau bahkan gemetaran. Anda perlu menghadapi pewawancara dengan santai akan tetapi tetap sopan. Usahakan untuk tidak menunjukkan rasa grogi, takut, dan juga cemas saat mengikuti wawancara.

Disamping itu, tunjukkan jika Anda siap diwawancara serta usahakan untuk tetap tenang ketika menjawab pertanyaan wawancara. Jangan lupa untuk selalu konsentrasi dalam menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sesuai serta yang dibutuhkan. Hindari berbicara diluar ranah pertanyaan serta tidak terarah sebab hal tersebut bisa menunjukkan jika Anda tidak menguasai wawancara dengan baik.

Memperhatikan Penampilan Ketika Wawancara

Saat mengikuti tes wawancara, Anda harus mempersiapkan banyak hal termasuk yang akan Anda kenakan. Usahakan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan juga bersih. Gunakan pakaian yang rapi, teratur dan juga enak dipandang atau harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan ketika mengikuti tes tersebut. Ketika wawancara berlangsung, lebih baik pandangan Anda terarah dan juga fokus, jangan menunduk ataupun menghadap atas. Hal tersebut akan terlihat kurang sopan sehingga akan lebih baik lagi apabila Anda menatap mata lawan bicara.

Kuasai Materi Wawancara

Sebelum mengikuti wawancara, pastikan Anda menguasai materi-materi yang mungkin ditanyakan ketika tes dengan baik. Misalnya seputar TNI/Polri, wawasan terkait dengan bangsa, ataupun tentang personality Anda. Oleh sebab itu, persiapkan jawaban dari beberapa perkiraan pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan ketika tes wawancara.

Baca Juga: Ini Dia Peluang Karir Lulusan IPDN

Usahakan saat mengikuti wawancara Anda tidak terlihat menggurui atau terlihat sok tahu Lebih baik Anda menjawab dengan jujur jika mungkin tidak tahu atau kurang mengerti terkait dengan sesuatu tapi tetap menunjukkan usaha dalam menjawabnya. Tunjukan juga jika Anda mempunyai minat dan juga motivasi yang besar untuk bisa menjadi anggota TNI/Polri.

Pahami Lebih dalam tentang Berbagai Wawasan dan Pengetahuan Umum

Anda boleh saja menunjukkan jika mempunyai wawasan yang luas, akan tetapi jangan terlalu berlebihan. Tetap jawab pertanyaan wawancara sewajarnya kemudian tunjukkan jika Anda ingin mengenal lebih dalam terkait dengan sesuatu serta haus terhadap pengetahuan baru.

Tes wawancara mungkin memiliki tujuan untuk menunjukkan sikap kepribadian peserta wawancara. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam berbicara serta usahakan untuk selalu menjawab jujur. Mempunyai kemampuan public speaking yang baik tentu saja bisa mempermudah Anda saat melakukan wawancara. Bahkan dalam keadaan yang sulitpun, Anda harus tetap tenang serta menjawab sesuai dengan apa yang Anda ketahui dengan jawaban yang tegas dan logis.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Akmil. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Akmil Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel