Berikut Jenis-Jenis Seragam Polri yang Perlu Diketahui

Berikut Jenis-Jenis Seragam Polri yang Perlu Diketahui

Bimbel Polri – Seragam menjadi salah satu identitas untuk suatu institusi maupun organisasi. Tidak terkecuali Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mempunyai beberapa jenis seragam yang dikenakan oleh anggota-anggotanya. Tidak berbeda dari beberapa profesi lain, seorang polisi juga mempunyai seragam khusus yang dikenakan ketika mereka bertugas. Setiap satuan atau unit memiliki seragam khas yang menjadi pembeda dari divisi-divisi lainnya. Berikut beberapa jenis seragam polisi di Indonesia yang perlu Anda ketahui;

1. Brigade Mobil (Brimob)

Korps Brigade Mobil ialah satuan elite dan juga satuan tertua Polri. Tugas satuan ini ialah menanggulangi ancaman kamtibmas dengan intensitas tinggi. Brimob mempunyai beberapa jenis seragam yang dikenakan. Seragam harian mereka ialah seragam cokelat dengan baret, seragam warna hitam dipakai untuk tugas malam hari dan anti-teroris, semnetara itu seragam warna kehijauan dikenakan ketika dilakukan pelatihan khusus di hutan. Ada juga seragam loreng yang dikenakan ketika bertugas di acara besar dan juga operasi di hutan.

2. Polisi Lalu Lintas (Polantas)

Polisi Lalu Lintas sering terlihat bertugas mengamankan dan juga menjaga ketertiban lalu-lintas terutama di jalan raya. Selain biasa menggunakan seragam resminya, mereka juga mengenakan rompi hijau ketika menjalankan tugas.

3. Labfor Polri

Laboratorium Forensik atau yang disingkat dengan Labfor ialah sebuah laboratorium yang dipakai sebagai unsur pelaksana fungsi teknis yang ada di bawah Puslabfor. Tugas dari satuan tersebut ialah mengumpulkan barang-barang bukti yang akan digunakan dalam penyelidikan lebih lanjut. Seragam yang dikenakan oleh satuan ini ialah kemeja hitam dengan topi dan juga rompi.

4. Provos atau Propam

Propam ialah sebuah satuan di Polri yang memiliki tanggung jawab terhadap masalah pembinaan profesi dan juga pengamanan didalam lingkungan internal Polri. Seragam yang dipakai berwarna coklat yang dilengkapi dengan kopel putih yang cukup khas.

5. Sabhara

Sabhara atau Samaptha Bhayangkara mempunyai beberapa tugas diantaranya ialah pembuatan laporan polisi, pengamanan terhadap kegiatan masyarakat, sampai dengan melakukan pengaturan jalan. Pada umumnya, para anggota Sabhara menggunakan seragam khas PDLT lengkap dengan baretnya.

Baca Juga: Tips Menghadapi Tes Wawancara TNI

6. Polisi DVI

DVI atau Disaster Victim Identification biasanya ditugaskan mengidentifikasi korban yang sudah tidak dapat dikenali lagi. Para anggotanya akan dituntut untuk mempunyai ilmu forensik, kedokteran anatomi, dan lain sebagainya. Saat menjalankan tugasnya, pada umumnya mereka akan mengenakan setelan berwarna hitam.

7. Polisi Air dan Polisi Udara

Polisi udara dan air pada umumnya mengenakan seragam khusus yang berwarna biru. Yang mana tugas mereka ialah mengamankan wilayah Indonesia pada bagian laut dan udaranya.

8. Polisi Sepatu Roda

Seragam yang dikenakan oleh polisi sepatu roda memang terlihat berbeda dari seragam polisi berwarna cokelat yang sering dijumpai. Mereka biasanya mengenakan seragam berwarna putih strip oranye. Satuan tersebut pada umumnya bertugas dalam event sejenis car free day atau yang lainnya.

9. Polisi Pariwisata

Biasanya polisi pariwisata mengenakan seragam berwarna cokelat yang dilengkapi dengan dasi berwarna merah. Yang mana tugas dari satuan ini ialah untuk mengamankan wisatawan di objek wisata dan juga melayaninya jika dibutuhkan.

10. Polisi Pantai

Biasanya polisi pantai mempunyai setelan yang lebih kasual atau terkesan lebih santai. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab memang disesuaikan dengan lokasi atau tempat tugasnya.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Polri. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Polri Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel