Unit Polisi Indonesia yang Jarang Diketahui

Unit Polisi Indonesia yang Jarang Diketahui

Bimbel Polisi – Memelihara keamanan serta` ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan juga memberikan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan terhadap masyarakat merupakan tugas pokok dari anggota Polri. Ada beberapa unit polisi yang dibentuk dalam menjalankan tugas-tugas tersebut. Pembagian jenis atau unit kesatuan polisi tersebut dibutuhkan dalam rangka pembagian tugas yang sesuai dengan ranah masing-masing.

Jenis Unit Kepolisian di Indonesia

Mengutip dari Peraturan Kapolri No. 21 tahun 2010 dan No. 23 tahun 2010, berikut beberapa unit kepolisian Republik Indonesia yang perlu Anda ketahui:

1. Densus 88

Kebanyakan orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama unit yang satu ini. Detasemen Khusus 88 Anti Teror yang berikutnya disingkat dengan Densus 88 AT , yang merupakan unsur pelaksana tugas pokok Polri dalam bidang penanggulangan kejahatan terorisme di tingkat Mabes Polri yang ada di bawah Kapolri.

2. Korps Brigade Mobil (Brimob)

Brigade Mobil atau yang disingkat dengan Brimob merupakan satuan operasi khusus atau pasukan khusus  yang sifatnya paramiliter. Unit kepolisian ini bertugas untuk menangani kejahatan dengan intensitas tinggi untuk menjaga keutuhan NKRI.

3. Gegana

Pasukan Gegana merupakan bagian khusus atau regimen kedua yang berasal dari unit Brigade Mobil (Brimob). Unit ini mempunyai kemampuan khusus misalnya anti-teror, penjinakan bom, intelijen, anti anarkis, dan juga melakukan penanganan KBR (Kimia, Biologi, Radioaktif)

4. SPKT

Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu yang berikutnya disingkat dengan SPKT. Ini merupakan unsur pelaksana tugas pokok dalam bidang pelayanan serta pengaduan kepolisian terkait dengan identifikasi ataupun pencegahan kejahatan.

5. Sat-Intelkam

Satuan Intelijen Keamanan yang berikutnya disingkat dengan Sat-Intelkam yang merupakan unsur pelaksana tugas pokok fungsi Intelkam atau yang betugas dalam membina sistem keamanan.

6. Satreskrim

Satuan Reserse Kriminal atau yang disingkat dengan Satreskrim merupakan unsur pelaksana tugas pokok fungsi reserse kriminal yang ada di tingkat Polres. Tugasnya ialah melakukan penyelidikan pelanggaran hukum dan juga tindak pidana.

7. Satresnarkoba

Satuan Reserse Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya memiliki tugas khusus yakni melakukan penyelidikan atas tindak penyalahgunaan narkoba.

8. Sat-Sabhara

Satuan Samapta Bhayangkara memiliki tugas melakukan pencegahan akan terjadinya pelanggaran hukum atau gangguan keamanan melalui kegiatan penjagaan, pengawalan dan juga kegiatan patroli.

Baca Juga: Ketahui Jenis Kenaikan Pangkat Anggota Polri

9. Sat-Binmas

Satuan Pembinaan Masyarakat yang berikutnya disingkat dengan Sat-Binmas. Unit kepolisian ini bertugas untuk melakukan kegiatan pemberdayaan serta ketertiban masyarakat.

10. Satlantas

Satuan Lalu Lintas akan melaksanakan Turjawali lalu lintas, pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor serta pengemudi, pendidikan masyarakat lalu lintas (Dikmaslantas),  dan juga melakukan penegakan hukum dalam bidang lalu lintas.

11. Satpamobvit

Satuan Pengamanan Objek Vital memiliki tugas melaksanakan kegiatan pengamanan objek vital yang meliputi proyek/instalasi vital, kawasan tertentu, objek wisata dan juga kegiatan VIP yang membutuhkan pengamanan kepolisian.

12. Sat-Tahti

Satuan Perawatan Tahanan dan Barang Bukti bertugas untuk menyelenggarakan pelayanan perawatan serta kesehatan tahanan, termasuk dalam hal pembinaan jasmani dan rohani, dan juga menerima, menyimpan serta memelihara barang bukti.

13. Sitipol

Seksi Teknologi Informasi Polri memiliki tugas untuk melaksanakan pelayanan teknologi informasi dan komunikasi, pengumpulan dan pengolahan data, dan juga melakukan penyajian informasi keamanan serta ketertiban.

14. Satpolair

Satuan Kepolisian Perairan merupakan satuan yang memiliki tugas untuk melakukan patroli perairan, pembinaan masyarakat pesisir, penegakan hukum perairan dan juga memberikan pertolongan kecelakaan di wilayah laut.

15. Si-propam

Seksi Profesi dan Pengamanan merupakan unsur pengawas serta pembantu pimpinan dalam bidang provos dan juga pengamanan internal.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Polisi. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Polisi Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel