Jenis Psikotes dan Strategi Menaklukkan Soal-Soal Psikotes

Jenis Psikotes dan Strategi Menaklukkan Soal-Soal Psikotes

Bimbel Kedinasan – Psikotes sendiri merupakan jenis tes yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara utuh terkait dengan aspek-aspek psikologis seseorang sesuai kebutuhan dan juga keperluan klien. Tes tersebut dilaksanakan sebagai alat atau sarana untuk Psikolog untuk bisa memahami secara utuh aspek-aspek psikologis individu supaya bisa memberikan gambaran (profil psikogram) dari setiap individu yang telah mengikuti tes tersebut.

Tes tersebut bisa dalam bentuk tertulis, proyektif, maupun evaluasi secara verbal yang teradministrasi guna mengukur fungsi/kemampuan kognitif dan juga emosional dari seseorang. Tes tersebut memang banyak digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh calon pegawai. Dan kini pun tidak jarang perguruan tinggi yang menggunakan psikotes dalam seleksi mahasiswa.

Melalui psikotes ini, diharapkan dalam perusahaan mampu memperoleh calon karyawan yang sesuai bidang pekerjaan tersebut. Sementara itu, psikotes yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi ini diharapkan bisa menyaring mahasiswa yang nantinya bisa mengikuti proses pembelajaran hingga akhir pendidikannya, dan juga mampu mengetahui potensi diri peserta didik sehingga mereka bisa berkembang optimal melalui jurusan yang telah dipilihnya.

Jenis Tes dalam Psikotes

Ada beragam tes yang ada didalam serangkaian psikotes yang dilaksanakan. Tes yang sering dipakai misalnya Tes Kemampuan Verbal, Tes Kemampuan Penalaran, Tes Kemampuan Numerik, Tes Kemampuan Spasial, ataupun Tes Kepribadian. Masing-masing tes mempunyai fungsi serta tujuan yang berbeda untuk menilai kepribadian dari seseorang (calon karyawan/mahasiswa). Berikut beberapa jenis psikotes yang perlu diketahui:

1. Tes Kemampuan Verbal

Tes Kemampuan Verbal dibutuhkan dalam berbagai jenis tes sebab ada indikasi hubungan antara intelegensi dengan kemampuan verbal seseorang. Semakin kaya informasi yang diserap maka akan semakin luas juga wawasan maupun pengetahuan seseorang.

2. Tes Kemampuan Numerik

Tes Kemampuan Numerik ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung seseorang dengan cepat dan cermat dalam waktu terbatas. Tes yang satu ini terbagi atas Tes Matematika Dasar, Tes Matematika Berpola, Tes Deret Bilangan dan juga Tes Logaritma.

3. Tes Kemampuan Penalaran

Tes Kemampuan Penalaran memiliki untuk menguji kemampuan seseorang dalam berpikir sesuai dengan nalar. Nilai yang tinggi bisa menunjukkan kemampuan daya nalar yang tinggi didalam menganalisis suatu permasalahan yang terjadi, baik itu dalam dunia kerja ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Tes penalaran formal sendiri terdiri dari Tes Penalaran Logis dan juga Tes Penalaran Analitis.

4. Tes Kemampuan Menggambar (Visual-Spasial)

Tes Kemampuan Menggambar memiliki tujuan untuk menguji kemampuan seseorang dalam berpikir sesuai dengan nalar dalam bentuk gambar. Tes yang satu ini juga digunakan untuk menguji kemampuan kecerdasan spasial/kecerdasan ruang. Tes tersebut terdiri dari Tes Irama Menggambar, Tes Jaring-Jaring, Tes Pencerminan, Tes Gambar Spasial, Tes Perbedaan Gambar, Tes Penalaran Simbol dan Tes Proporsi Gambar.

Baca Juga: Tips Lulus Tes Jasmani dalam Seleksi Masuk POLRI

Strategi Menaklukkan Psikotes

Perlu diketahui jika banyak orang yang nilai akademisnya bagus namun gagal dalam mengikuti psikotes. Ini menunjukkan jika dibutuhkan beberapa strategi khusus untuk mengerjakan soal psikotes. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Memahami kelemahan diri

Setiap orang pada umumnya mempunyai kelemahan pada dirinya sendiri. Apabila Anda sudah mengetahui bagian subtes mana yang mungkin kurang Anda kuasai, maka Anda wajib untuk memberikan porsi berlatih yang lebih besar terhadap kelemahan tersebut. Anda bisa berlatih dengan banyak latihan mengerjakan soal tes tersebut.  Apabila Anda merasa ada banyak hal kurang dimengerti terkait dengan suatu materi atau cara cepat dalam mengerjakan tes, Anda boleh bertanya pada yang lebih ahli.

2. Rutin latihan

Semakin sering Anda melakukan latihan, maka Anda akan semakin terbiasa dalam mengerjakan, sehingga soal bisa dikerjakan dengan lebih cepat.

3. Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan menjadi hal yang krusial ketika menjalani tes. Keadaan yang sehat dan juga bugar tentu saja bisa berpengaruh pada cara kita dalam mengerjakan soal, dan juga daya tahan kita.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Kedinasan. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Kedinasan Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel