Begini Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN

Begini Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN

Bimbel IPDN – Calon Praja IPDN yang berkualitas tentu akan disaring, terutama terkait dasar pengetahuan serta keterampilan yang memadai, kemampuan psikologis diri yang bisa berkembang secara potensial, kesehatan diri yang prima,  integritas serta kejujuran diri yang terpercaya, kemampuan berkomunikasi yang efektif, dan juga kesiapan mereka dalam bekerja di seluruh wilayah NKRI.

Nantinya, setelah calon peserta melakukan pendaftaran serta verifikasi di Portal SSCASN DIKDIN, mereka nantinya diwajibkan untuk mengikuti seluruh tahapan tes yang sudah ditentukan. Tahapan seleksi penerimaan calon praja IPDN diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Tes Kompetensi Dasar (SKD)

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assesment Test (CAT) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

2. Tes Kesehatan Tahap I

Pelaksanaan Tes Kesehatan Tahap I akan dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokes Polda.

3. Tes Psikologi

Biro SDM Polda yang akan melaksanakan tes psikologi integritas dan kejujuran bagi para calon peserta.

4. Verifikasi Faktual Dokumen Persyaratan Administrasi Pendaftaran

Pelaksanaan verifikasi dokumen persyaratan akan dilaksanakan oleh panitia seleksi.

5. Tes Kesehatan Tahap II

Pelaksanaan dari Tes Kesehatan Tahap II diantaranya meliputi Tes Kesempataan dan juga pemeriksaan penampilan.

Jika para pendaftar telah berhasil melewati semua tahapan tes yang sudah ditetapkan, maka mereka akan dinyatakan lulus sebagai calon praja IPDN.

Tips Menghadapi Tes Masuk IPDN

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi semua tahapn tes tersebut? Berikut kiat sukses yang perlu Anda perhatikan supaya bisa lolos seleksi masuk IPDN  dengan lebih mudah:

1. Persiapkan fisik dan pengetahuan

Fisik serta pengetahuan yang seimbang tentu saja menjadi salah satu persyaratan yang di terapkan oleh hampir sebagian besar Perguruan Tinggi Kedinasan. Tentu saja untuk memperoleh serta mencapai hasil yang seimbang tersebut Anda harus melakukan persiapan sejak dini. Mulailah untuk belajar dengan  lebih extra serta teratur untuk berolahraga.

Baca Juga: Persiapan Menghadapi Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan Supaya Lancar dan Sukses

Dalam melatih ketahanan fisik, sebaiknya Anda melakukan olahraga misalnya lari, sit-up, push-up, renang dan lainnya. Anda juga disarankan untuk selalu berlatih mengerjakan soal-soal ujian yang setara dengan soal ujian untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

2. Cari Informasi sebanyak mungkin

Mencari informasi sebanyak mungkin terkait dengan IPDN tentu bisa menjadi slaah satu hal yang sangat membantu. Cari informasi terkait kuota pendaftaran, jadwal, jenis seleksi, dan juga berbagai informasi lainnya.

Hal tesrebut akan membantu Anda dalam menyusun strategi dan juga mempersipakan bekal untuk menghadapi tes serta seleksi di IPDN. Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan informasi? Mengakses internet tentu saja menjadi cara paling mudah untuk memperoleh informasi lengkap terkait IPDN.

3. Kenali jenis tes IPDN

Seperti yang sebelumnya disebutkan jika ada beberapa tahapan tes serta seleksi yang perlu Anda ketahui supaya bisa llolos masuk ke IPDN. Tes dan juga seleksi terbagi dalam beberapa beberapa bagian. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami dan mengetahui tujuan dilaksanakannya setiap tahapan tes tersebut supaya bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

4. Berdoa

Untuk sentuhan awal serta akhir yang paling dianjurkan ialah berdo’a kepada Tuhan YME, supaya Anda bisa memperoleh ketenangan batin ketika mengikuti tahapan tes serta seleksi masuk IPDN.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel IPDN. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel IPDN Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel