Mengenal Sejarah Polri, Fungsi, dan Tugasnya

Mengenal Sejarah Polri, Fungsi, dan Tugasnya

Bimbel Polri – Semua pasti mengenal Kepolisian Republik Indonesia yang mana merupakan aparatur negara yang mempunyai tugas dalam mengamankan negara Indonesia. Polri sendiri merupakan singkatan dari Kepolisian Republik Indonesia, yang mana tugasnya diantaranya ialah menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat dan juga mengatur lalu lintas. Polri sendiri didirikan tanggal 11 September 1945 sesudah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda.

Sebelum kemerdekaan Indonesia, kepolisian di Indonesia dikelola kepolisian Belanda yang dikenal dengan sebutan Koninklijk Nederlands Indische Politie (KNIP). Berdir pada tahun 1881, KNIP bertugas untuk menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah-wilayah yang telah dikuasai oleh Belanda di Indonesia. Tugas lainnya ialah mengawasi kegiatan-kegiatan politik yang terjadi di Indonesia, termasuk menangkap serta menjebloskan orang-orang yang dianggap telah menentang pemerintahan Belanda.

Kemudian,setelah Indonesia merdeka, KNIP berubah menjadi Polri. Awalnya, tugas dari Polri ialah untuk menjaga keamanan serta ketertiban di Indonesia dan juga untuk membantu pemerintah untuk menjalankan pemerintahan. Tapi seiring perkembangan zaman serta perubahan politik yang terjadi di Indonesia, tanggung jawab Polri juga mengalami perkembangan.

Sejarah Polri

Sejarah Polri dimulai sejak kemerdekaan Indonesia di tahun 1945. Ketika itu, kepolisian yang ada masih menjadi bagian dari kepolisian Belanda dengan nama Koninklijke Nederlandse Politie (KNP).

Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah Indonesia kemudian membentuk kepolisian yang baru dengan nama Polisi Negara Republik Indonesia (PNRI). PNRI dibentuk sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1946 yang telah ditandatangani Presiden Soekarno.

Kemudian pada tahun 1950, PNRI berubah atau berganti nama menjadi Angkatan Kepolisian Republik Indonesia (AKRI). AKRI dibentuk sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1950 yang ditandatangani Presiden Soekarno.

Lalu pada tahun 1964, AKRI berganti nama menjadi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Polri dibentuk berdasarkan UU No.. 5 Tahun 1964. Pembentukan Polri yang terjadi pada tahun 1964 terjadi sebagai hasil dari perubahan konstitusi yang telah mengubah struktur kepolisian di Indonesia.

Pembentukan Polri menjadi tindak lanjut dari peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965, yang mana kepolisian dianggap tidak dapat dipercaya lagi sebab terlibat didalam peristiwa tersebut. Pembentukan Polri sendiri menjadi suatu upaya untuk membentuk kepolisian yang profesional, independen, dan juga bertanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya.

Baca Juga: Mengenal Tes Mental Ideologi, Contoh Soal dan Tips Menghadapinya

Fungsi Polri

Fungsi dari Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Menjaga keamanan serta ketertiban di masyarakat
  • Menangkap dan juga mengusut pelaku kejahatan
  • Melaksanakan tugas-tugas administratif lainnya yang ditugaskan pemerintah Indonesia
  • Membantu pemerintah Indonesia untuk menjaga stabilitas politik di Negara
  • Menangani berbagai masalah yang dihadapi negara.

Fungsi utama dari POLRI ialah menjaga keamanan dan juga ketertiban didalam masyarakat, dan juga membantu pemerintah Indonesia untuk menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh negara. Disamping itu, POLRI juga berperan penting dalam menangkap serta mengusut pelaku kejahatan dan juga menjalankan tugas-tugas administratif lainnya yang ditugaskan pemerintah Indonesia.

Tugas Polri

Tugas POLRI tidak terlalu mengalami perubahan dari masa ke masa. Yang mana tugas utamanya ialah selalu menjaga keamanan serta ketertiban di masyarakat, dan juga membantu pemerintah Indonesia untuk menangani berbagai masalah yang dihadapi negara.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Polri. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Polri Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel