Mengenal Pasukan Khusus TNI dengan Keahlian dan Tugas Spesialnya

Mengenal Pasukan Khusus TNI dengan Keahlian dan Tugas Spesialnya

Bimbel TNI – Jika Polri mempunyai pasukan khusus dengan nama Densus 88 Antiteror, TNI juga memiliki pasukan khusus di setiap matarnya yakni Angkatan Darat, Udara, dan Laut. Mereka yang telah tergabung didalam pasukan khusus TNI tentu saja merupakan personel terbaik di TNI yang akan bekerja baik itu untuk operasi militer maupun non-militer, dengan tujuan mempertahankan kesatuan serta keutuhan NKRI.

Lantas apa saja pasukan khusus tersebut? Berikut beberapa diantaranya:

Kopassus (TNI AD)

Kopassus (Komando Pasukan Khusus) juga lebih dikenal dengan sebutan Korps Baret Merah. Munculnya julukan tersebut dikarenakan baret merah yang menjadi ciri khas pasukan elit tersebut. Kopassus sendiri didirikan pada 16 April 1952 yang mana pasukan khusus ini mempunyai kemampuan untuk bergerak cepat di medan pertempuran, pengintaian, menembak dengan tepat dan juga sebagai antiteror.

Kopaska (TNI AL)

Kopaska (Komando Pasukan Katak) ialah pasukan elite TNI AL yang berdiri karena usulan dari Presiden Sukarno. Ketika itu, dengan mendirikan Kopaska, Sukarno memberikan arahan dalam mendukung kampanye pembebasan Irian Barat pada 31 Maret 1962. Ciri khas dari prajurit Kopaska ialah menggunakan baret berwarna merah marun.

Prajurit Kopaska mempunyai tugas untuk melakukan operasi rahasia, seperti halnya menyerbu kapal serta pangkalan musuh, mempersiapkan perebutan pantai, menghancurkan instalasi bawah air dan juga operasi pendaratan berkekuatan amfibi. Bukan hanya di laut, prajurit Kopaska juga ada yang bertugas di puncak gunung.

Denjaka (TNI AL)

Pasukan elite yang satu ini mempunyai nama lengkap Detasemen Jala Mangkara yang mana dikenal publik dengan sebutan Denjak. Pasukan miliki TNI AL ini dibentuk pada 4 November 1982. Bukan menindak cepat, para prajurit pasukan ini juga dituntut untuk efektif dalam bertindak menghadapi berbagai bentuk aksi teror. Sebisa mungkin, mereka bahkan harus menghindari korban jiwa serta material di pihak sendiri saat menindak aksi teror. Pasukan ini dituntut untuk menguasai teknik khusus misalnya pencapaian sasaran melalui teknik lintas udara, penguasaan metode bawah air, dan juga lintas atas air senyap.

Kopasgat (TNI AU)

Pasukan elite selanjutnya ialah Komando Pasukan Gerak Cepat atau yang disingkat dengan Kopasgat. Pasukan ini dimiliki oleh TNI AU dengan korps baret jingga. Walaupun merupakan bagian dari TNI Angkatan Udara, Kopasgat mempunyai kualifikasi satuan tempur darat yang memiliki keahlian tiga matra, darat, udara, dan juga laut.

Baca Juga: Pentingnya Syarat Tinggi Badan untuk Masuk Sekolah Kedinasan

Kopasgat merupakan pasukan tempur yang sifatnya infanteri yang memiliki format organisasi tempur yang khas untuk kebutuhan matra udara.  Pasukan tersebut juga mempunyai kemampuan terjun payung militer. Ciri khas dari pasukan elite ini ada pada baret warna jingga yang dikenakan.

Kopasgat mengemban tanggung jawab dalam mempertahankan dan juga melindungi segenap bangsa serta seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan juga gangguan. Tapi yang menjadi pembeda antara Kopasgat dengan satuan pasukan khusus lainnya ialah adanya tugas tambahan yakni Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara (OP3U), yang mana tugasnya ialah merebut serta mempertahankan pangkalan serta untuk mempersiapkan pendaratan pesawat dan juga penerjun pasukan.

Tontaipur  (TNI AD)

Satuan Peleton Intai Tempur (Tontaipur) ialah satuan khusus yang ada di bawah Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat. Tontaipur dibentuk untuk melakukan operasi militer di segala medan, baik itu laut, gunung, hutan, hutan, rawa, bahkan di perkotaan. Prajuritnya mempunyai keahlian khas, yakni melakukan infiltrasi ke jantung musuh untuk sabotase secara senyap.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel TNI. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel TNI Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel