STIN, Pendidikan dan Persiapan untuk Masa Depan di Dunia Intelijen

STIN, Pendidikan dan Persiapan untuk Masa Depan di Dunia Intelijen

Bimbel Sekolah Kedinasan – STIN atau sekolah tinggi intelijen negara merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan yang dikelola sekaligus ada di bawah naungan Badan Intelijen Negara atau yang seringkali disebut BIN. Letak kampusnya sendiri adalah berada di wilayah Sentul, Bogor, Jawa Barat. STIN didirikan sebagai upaya untuk mempersiapkan mahasiswa agar nantinya menjadi anggota masyarakat intelijen yang mempunyai kemampuan akademik maupun keahlian profesional.

Sehingga bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, seni bidang intelijen, maupun teknologi untuk menjaga kesatuan dan persatuan NKRI. Tentu saja peminatnya sendiri tidak sedikit, sehingga apabila Anda ingin menempuh pendidikan di STIN segera persiapkan lebih awal dengan mengikuti bimbel sekolah kedinasan.

Awal mula pendirian sekolah kedinasan yang satu ini adalah pada tahun 2002 atas prakarsa kepala BIN pada saat itu yaitu Jenderal TNI (Purn) Dr. A. M. Hendropriyono yang mengawali untuk mendirikan sekolah tinggi Intelijen Negara. Kemudian, Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri melakukan peresmian atas berdirinya Sekolah Tinggi Intelegensi negara pada 9 Juli tahun 2003 dan pada tahun 2004 dimulai untuk kuliah perdananya. Sama halnya dengan berbagai sekolah kedinasan lain, proses penerimaan darilije sekolah tinggi intelijen negara ini, persaingannya cukup berat dan prosesnya akan cukup sulit.

Kendati demikian, persaingan untuk masuk sekolah tinggi yang satu ini tidak seramai atau setinggi persaingan untuk masuk STAN atau STIS yang memang lebih terkenal. Perlu diketahui juga bahwa IQ seringkali dijadikan sebagai salah satu hal penting yang bisa menjadi peluang untuk lolos seleksi masuk STIN. Sekolah Tinggi intelijen negara mempunyai lokasi yang tidak kalah strategis dibandingkan dengan sekolah kedinasan lain, yakni berada di wilayah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tetapi, Juga ada yang mengatakan bahwa lokasi dari sekolah kedinasan tersebut tidak selalu menetap atau berarti bahwa Mungkin saja bisa berpindah.

Proses untuk perekrutan calon mahasiswanya dilakukan setiap tahun memanfaatkan sistem penerimaan mahasiswa baru. Setidaknya, ada 30 mahasiswa STIN yang akan menjadi bagian dari sekolah tinggi Intelijen Negara setiap tahunnya.

Fasilitas yang Disediakan STIN

Sesudah Anda menempuh pendidikan program studi yang ada di STIN ini, seperti halnya program studi analisis dan program studi keagenan kurang lebih adalah selama 4 tahun, maka nantinya Anda akan memperoleh gelar sarjana intelijen. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Sekolah Tinggi Intelijen Negara, diantaranya:

  • Gedung Serbaguna Sekolah Tinggi Intelijen Negara
  • Rumah ibadah STIN
  • Gedung asrama untuk mahasiswa Sekolah Tinggi intelegensi negara
  • Laboratorium intelligence device, laboratorium komputer, laboratorium photography, dan laboratorium bahasa STIN
  • Lapangan basket, lapangan bulu tangkis, Lapangan Tembak, lapangan voli, lapangan futsal, lapangan track jogging, lapangan kebugaran, dan kolam renang STIN
  • Perpustakaan sekolah tinggi Intelijen Negara
  • Jaringan internet wi-fi dan LAN Sekolah Tinggi Intelijen Negara
  • Poliklinik STIN
  • Perpustakaan STIN
  • Koperasi STIN

Baca Juga: Peran Penting PKN STAN dalam Mencetak Tenaga Ahli Keuangan Negara

Terdapat berbagai program studi yang tersedia di Sekolah Tinggi Intelijen Negara ini, mulai dari Strata 1 (S1), yaitu jurusan agen intelijen, jurusan cyber intelijen, jurusan teknologi intelijen, dan jurusan ekonomi intelijen. Kemudian untuk pascasarjana atau S2 adalah chemistry and nuclear Hazard, magister terapan intelijen medik, magister terapan intelijen ekonomi, magister terapan teknolog, dan cyber, serta magister kajian intelijen.

Kemudian yang terakhir tentu saja juga ada program doktoral atau S3, yaitu untuk jurusan analisis strategi intelijen. Supaya Anda bisa lebih mudah untuk mengikuti seleksi masuk STIN, salah satu kuncinya adalah dengan mengikuti bimbel sekolah kedinasan yang bisa mendukung secara maksimal segala persiapan Anda.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, bimbel sekolah kedinasan. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel sekolah kedinasan Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel