Tahapan Seleksi Masuk IPDN dan Tips Lolos Seleksinya

Tahapan Seleksi Masuk IPDN dan Tips Lolos Seleksinya

Bimbel IPDN – IPDN ialah sekolah kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan (PTK) yang ada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Peminat dari sekolah kedinasan IPDN memang cukup besar sebab setelah lulus, lulusan dari IPDN bisa menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) baik itu yang bekerja di pemerintah pusat ataupun daerah. Disamping itu, Praja IPDN juga akan disediakan asrama bahkan selama masa pendidikan bisa mendapatkan uang saku.

Namun, tentu saja jika ingin masuk sekolah kedinasan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), peserta harus mengikuti beberapa tahapan seleksi, sebagai berikut:

1. Seleksi Administrasi

Seleksi yang satu ini akan dilaksanakan sesuai syarat administrasi yang telah ditentukan untuk mendaftar di IPDN. Semua berkas yang dibutuhkan diunggah di portal SSCASN DIKDIN. Jika semua berkas memenuhi kriteria maka peserta bisa lolos ke tahap selanjutnya.

2. Seleksi Kompetensi Dasar

SKD akan dilaksanakan oleh BKN dengan menggunakan sistem Computer Assesment Test (CAT). Biasanya tes SKD terdiri dari 3 jenis yakni tes intelegensia umum (TIU), tes karakteristik pribadi (TKP) serta tes wawasan kebangsaan (TWK).

3. Tes Kesehatan Tahap I

Guna memastikan calon praja IPDN dalam kondisi yang sehat, tahapan ketiga dalam seleksi masuk IPDN ialah mengikuti tes kesehatan tahap I. Pelaksanaan dari Tes Kesehatan tahap I tersebut dilakukan di rumah sakit Bhayangkara/Biddokes Polda. Tes kesehatan tersebut berupa medical check up bagian luar dan dalam tubuh.

4. Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran

Tahapan berikutnya dari seleksi masuk IPDN ialah pelaksanaan tes psikologi, integritas dan juga kejujuran yang akan dilakukan oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kepolisian Daerah (Polda). Materi dalam tes tersebut seperti tes kecerdasan, tes kepribadian dan juga tes kecermatan.

5. Pemantauan Terakhir (Pantukhir)

Pada tahapan tersebut akan dilaksanakan beberapa hal seperti, verifikasi faktual dokumen persyaratan administrasi pendaftaran, Tes Kesehatan tahap II dan juga Tes kesamaptaan dan pemeriksaan penampilan. Setelah berhasil melalui beberapa tahapan seleksi tersebut, tahapan berikutnya akan diumumkan hasil pantukhir apakah peserta berhasil lolos menjadi praja IPDN atau tidak.

Baca Juga: Persiapan Menghadapi Tes Masuk Sekolah Kedinasan

Berikut beberapa beberapa tips yang perlu diperhatikan supaya seleksi Sekolah Kedinasan dengan mudah:

1. Ubah Mindset

Anda perlu mengubah pikiran ‘masuk Kedinasan sulit’ menjadi ‘masuk Kedinasan merupakan hal yang mudah’. Disamping itu, pikirkan tujuanmu ingin membanggakan dan membahagiakan kedua orang tua. Selalu pikirkanlah hal positif jika tidak ada yang mustahil selama mau berdoa dan berusaha.

2. Tetapkan Target

Mulai untuk menetapkan target dengan mencatat target yang di inginkan sehingga Anda bisa lebih fokus meraihnya terutama untuk mempersiapkan seleksi Sekolah Kedinasan.

3. Buat To Do List

Anda bisa membuat to do list yang mana Anda harus mencatat apa saja yang harus di lakukan tiap Minggu atau setiap harinya. Misalnya bisa dengan mencoba try out, belajar materi, latihan fisik ataupun yang lainnya.

4. Wajib Konsisten

Anda harus konsisten dan tidak  mudah menyerah untuk melakukan persiapan dan juga melakukan to do list yang telah dibuat.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup juga menjadi salah satu hal yang penting seba hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan.

6. Mengikuti Bimbel

Dengan mengikuti bimbel maka persiapan masuk IPDN bisa dilakukan dengan maksimal sebab Anda akan dilatih oleh ahli yang profesional.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel IPDN. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel IPDN Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel