Ketahui Jenis Kenaikan Pangkat Anggota Polri

Ketahui Jenis Kenaikan Pangkat Anggota Polri

Bimbel Polri – Banyak pemuda yang bercita-cita ingin menjadi seorang polisi. Ya, untuk sebagian besar orang, menjadi polisi memang menjadi profesi yang membanggakan. Bukan hanya itu, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Yang paling membuat bangga ialah adanya kenaikan pangkat yang tentu saja menjadi impian banyak anggota Polri.

Ada empat model kenaikan pangkat anggota Polri yang perlu diketahui mulai dari Kenaikan Pangkat Reguler sampai dengan Kenaikan Pangkat Luar Biasa Anumerta (KPLBA). Aturan kenaikan pangkat tersebut mengacu Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2016 terkait dengan Administrasi Kepangkatan Anggota Polri.

Semua anggota Polri mempunyai hak untuk memperoleh kenaikan pangkat selama mereka masih aktif menjabat. Tapi tentu saja terdapat beberapa syarat kenaikan pangkat yang harus dipenuhi. Karena memang kenaikan pangkat tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Berikut 4 model kenaikan pangkat anggota Polri yang memiliki periode waktu yang berbeda-beda dalam lingkungan Polri yang dihimpun dari Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2016 terkait dengan Administrasi Kepangkatan Anggota Polri:

Kenaikan Pangkat Reguler

Kenaikan pangkat tersebut akan diberikan secara berkala untuk semua anggota Polri, tapi tidak termasuk bagi golongan perwira tinggi. Pelaksanaan dari Kenaikan Pangkat Reguler ialah pada periode 1 Januari atau 1 Juli setiap tahunnya.

Apabila anggota Polri ingin naik pangkat melalui program reguler, maka mereka harus mengikuti dan juga memenuhi Masa Dinas Dalam Pangkat (MDDP), mencantumkan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan (SKHP), mencantumkan ijazah kelulusan dalam pendidikan formal maupun pengembangan, dan juga mempunyai kriteria kinerja minimal baik. Bagi anggota Polri yang menginginkan kenaikan pangkat yakni dari Brigjen Pol ke Irjen Pol maka mereka terlebih dahulu harus menduduki jabatan Eselon 1 B.

Kenaikan Pangkat Pengabdian

Kenaikan pangkat ini akan diberikan sekitar 1 sampai 3 bulan untuk para anggota Polri sebelum yang bersangkutan pensiun. Tapi untuk Brigjen Pol serta Irjen Pol tidak terikat oleh periode. Kenaikan Pangkat Pengabdian dilakukan bersamaan dengan Kenaikan Pangkat Reguler. Apabila anggota ingin naik pangkat lewat program pengabdian maka anggota Polri harus berusia minimal 57 tahun, mengikuti serta memenuhi MDDP, mempunyai Bintang Bhayangkara Narayana, mencantumkan SKHP, mempunyai kriteria kinerja minimal baik, dan juga tidak sedang menjalani putusan disiplin serta kode etik.

Baca Juga: Mempelajari dengan Baik Perpangkatan Taruna AKMIL

Bagi anggota Polri yang ingin mendapatkan kenaikan pangkat dari Brigjen ke Irjen maka mereka harus memenuhi Masa Dinas Perwira (MDP), MDDP, dan juga masa kerja tertentu. Dalam melakukan pengajuan kenaikan pangkat, anggota Polri tidak diperbolehkan untuk melewati batas waktu yang sudah ditentukan.

Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB)

Untuk kenaikan pangkat yang satu ini akan diberikan satu kali didalam dinas aktif kepada anggota Polri terkait dan juga KPLB tidak terikat periode. Apabila ingin naik pangkat melalui program KPLB maka anggota Polri harus melakukan tindakan heroik tertentu yang mempunyai atau memberikan dampak besar terhadap citra institusi kepolisian.

Misalnya berhasil mengungkap kejahatan besar ataupun melakukan tindakan yang melakukan kontak langsung dengan pelaku pidana. Disamping itu, anggota Polri terkait juga harus mempunyai dedikasi serta integritas yang tinggi, setia, berkelakuan baik dan juga loyal kepada negara serta Polri. Selain itu, yang bersangkutan juga tidak sedang menjalani putusan disiplin maupun kode etik.

Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Anumerta (KPLBA) akan diberikan satu kali untuk anggota Polri bersangkutan yang telah gugur dalam tugas. KPLBA tersebut tidak terikat oleh periode.

Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi Akademi Kepolisian (AKPOL) atau Akademi Militer bersama Bintang Bangsa, Bimbel Polri. Kami merupakan Bimbel AKPOL-AKMIL dan Sekolah Kedinasan di Indonesia yang memberikan layanan lengkap sampai lulus menjadi taruna. Sebagai bimbel terbaik dan terlengkap, Bintang Bangsa menyiapkan para calon taruna dengan kemampuan di berbagai bidang. Yakni meliputi bidang akademik, psikologi, kesehatan, kesamaptaan jasmani, mental ideologi, dan membangun karakter disiplin. Adapun pilihan program yang ditawarkan yaitu:

  • Educamp Priority, program terbaik sistem karantina.
  • Privat Priority, program belajar sistem personal dengan jadwal yang fleksibel.
  • Kelas Eksklusif, program belajar dengan sistem kelas small group (8-12 siswa).
  • Kelas Online, program belajar dengan sistem belajar online live interactive.

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi AKPOL dan AKMIL bersama Bintang Bangsa. Bimbel Polri Bintang Bangsa memiliki guru berpengalaman, yang tidak hanya sekedar mengajar. Akan tetapi juga memberikan pondasi adab dalam menuntut ilmu agar keberkahan hadir dalam prosesnya. Segera daftarkan diri Anda bersama Bintang Bangsa, Bekasi. Hubungi kami sekarang juga untuk menjemput kesuksesan karier Anda di masa mendatang!

Bagikan Artikel

Recent Artikel